2 Jenis WordPress dan Perbedaannya yang Wajib di Ketahui

Saat Anda mulai membuat website dengan WordPress, keputusan pertama yang harus Anda buat adalah memilih versi mana yang akan Anda gunakan, jenis wordpress.com atau org

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan perbedaan antara jenis WordPress.com dan WordPress.org serta kelebihan dan kekurangannya.

Jenis WordPress.com

platform-blog-terbaik-2020-wordpress.com

 

WordPress.com telah dimulai sebagai layanan hosting blog, tetapi selama bertahun-tahun telah berkembang menjadi lebih banyak. Meskipun Anda masih dapat menggunakan WordPress.com untuk blog, layanan ini adalah cara yang baik untuk membangun situs web apa pun.

WordPress  versi dot com adalah cara termudah untuk mengetahui apakah WordPress akan cocok untuk Anda, Hanya dengan menyiapkan akun WordPress.com yang mudah – dan gratis, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.

Bahkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan WordPress.org nanti, Anda akan memerlukan akun WordPress.com untuk menggunakan plugin dan layanan tertentu seperti JetPack.

Keuntungan dari WordPress.com

Jika Anda hanya ingin menerbitkan situs web tanpa harus terlalu memikirkan teknologi yang mendasarinya, WordPress.com adalah solusi yang bagus.

WordPress.com gratis. Mungkin keuntungan terbesar dari WordPress.com adalah gratis untuk digunakan. Jika Anda hanya menggunakan layanan dasar WordPress.com dengan tidak ada fitur tambahan, itu tidak akan dikenakan biaya apa pun.

WordPress.com dapat diandalkan dan aman.

Satu manfaat besar menggunakan WordPress.com adalah tidak ada pemeliharaan yang berkelanjutan untuk situs Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang peningkatan perangkat lunak situs Anda. Demikian juga, situs Anda selalu dicadangkan, jadi tidak ada kemungkinan kehilangan data.

Kerugian dari WordPress.com

Meskipun WordPress.com adalah layanan web hosting gratis, pemeliharaan rendah, Anda juga harus mengetahui keterbatasannya. Jika Anda pernah mendengar tentang semua hal luar biasa yang dapat dilakukan WordPress, Anda harus tahu bahwa WordPress.com tidak menyertakan semua yang ditawarkan WordPress.

Berikut adalah batasan WordPress.com

1.Anda tidak dapat memasang plugin di situs WordPress.com Anda.

Plugin adalah program tambahan yang memperluas kemampuan situs WordPress. Ada puluhan ribu plugin yang tersedia dengan fitur yang berbeda-beda. Tetapi Anda tidak dapat menggunakan plugin di WordPress.com.

2.Tema (desain situs) terbatas

Seperti halnya plugin, ada ribuan tema WordPress yang tersedia gratis. Tetapi situs WordPress.com terbatas pada tema yang sudah diinstal sebelumnya yang di sediakan oleh wordpress.com.

Ada juga sejumlah tema komersial yang dapat Anda tambahkan ke situs WordPress.com Anda dengan biaya tambahan. Tetapi sekali lagi, jumlah itu jauh lebih kecil daripada yang tersedia dari direktori tema WordPress resmi dan desainer oleh pihak ketiga di web.

Lebih lanjut, WordPress.com membatasi cara Anda dapat memodifikasi tema yang tersedia. Anda tidak akan memiliki kemampuan untuk membuat atau memodifikasi template tema, tetapi Anda dapat memodifikasi file CSS tema (dengan biaya tambahan).

3. WordPress.com didukung iklan

Anda kemungkinan besar akan menjalankan iklan di situs WordPress.com – kecuali Anda membayar biaya tambahan untuk menonaktifkannya.

Dan jangan berharap untuk melihat salah satu dari pendapatan iklan. Iklan ini membantu mengimbangi biaya layanan hosting WordPress gratis.

Ekstra WordPress.com

Sebelumnya, saya menyebutkan bahwa beberapa layanan WordPress.com tersedia dengan biaya tambahan. Untuk harga tambahan yang kecil, Anda dapat menggunakan nama domain Anda sendiri (sesuatu yang sangat saya rekomendasikan). Di luar itu, saat ini ada tiga tingkat layanan premium mulai dari Rp.39.000 hingga Rp.335.000 per bulan.

Paket-paket entry level sangat cocok untuk siapa saja yang mencari hosting WordPress sederhana dan rendah perawatan.

Namun, saya ragu tentang paket-paket kelas atas. Paket Bisnis kira-kira harganya sama dengan akun hosting web yang dikelola. Mengingat keterbatasan lingkungan hosting WordPress.com, sulit untuk merekomendasikan akun bisnis WordPress.com.

Jika kebutuhan Anda minimal dan Anda tidak ingin khawatir tentang pemeliharaan dan pencadangan, harganya mungkin akan sepadan dengan Anda.

Secara umum, saya pikir WordPress.com adalah pilihan bagus untuk blogger dan pemula yang tidak di pusingkan atas aspek teknis menjalankan situs web WordPress.

Jenis WordPress.org

platform-blog-terbaik-2020-wordpress.org

 

WordPress.org adalah rumah bagi proyek perangkat lunak sumber terbuka. Semua yang Anda butuhkan untuk memulai dengan WordPress ada di situs WordPress.org ini.

Dapatkan bantuan di forum dukungan komunitas.

WordPress.org adalah rumah bagi semua hal yang Anda butuhkan untuk membangun situs web yang luar biasa dengan WordPress. Anda hanya perlu menambahkan sedikit bumbu.

Keuntungan dari WordPress.org

Keunggulan WordPress.org adalah sepenuhnya dapat dikustomisasi. Anda dapat membangun segala jenis situs web, dengan versi WordPress ini – hampir tidak ada batasan.

Anda bebas menggunakan salah satu dari ribuan tema WordPress pra-desain yang tersedia.

Dan Anda dapat menginstal plugin WordPress apa pun yang Anda suka.

Atau Anda dapat membuat tema dan plugin WordPress Anda sendiri – asalkan Anda bersedia meluangkan waktu dan upaya untuk memahami cara kerja sistem.

Juga tidak ada batasan tentang bagaimana Anda memonetisasi konten Anda. Anda dapat menjual iklan di situs Anda, atau Anda dapat menjual produk dan layanan dari situs web Anda. Itu sepenuhnya terserah Anda sebagai pemilik situs.

Kerugian dari WordPress.org

Dengan kebebasan besar datang tanggung jawab besar. Dan itu mungkin kerugian terbesar menggunakan WordPress.org. Anda akan memiliki tanggung jawab penuh untuk situs web Anda.

WordPress.org memerlukan akun hosting web.

Terserah Anda untuk menentukan perusahaan mana yang akan meng-host situs web WordPress.org Anda. Ada banyak penyedia hosting di indonesia salah satunya yaitu Niagahoster.co.id

Pemeliharaan dan Pembaruan Perangkat Lunak.

Ketika Anda menjalankan situs web WordPress.org Anda sendiri, Anda bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pembaruan perangkat lunak Anda.

Untungnya, pembaruan WordPress tidak sulit untuk diinstal. Tetapi banyak pembaruan WordPress terkait keamanan, jadi Anda harus menginstal pembaruan.



Backup WordPress.

Terserah Anda untuk memastikan situs web Anda dicadangkan jika terjadi kesalahan. Cadangan adalah tanggung jawab Anda, kecuali Anda memiliki host web hebat yang menangani pencadangan untuk Anda.

Ini adalah hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memilih untuk menggunakan WordPress.org.

Baca juga : 14 Hal yang Wajib di Perhatikan Blogger Saat Membuat Post

Mana yang Lebih Baik: WordPress.com vs WordPress.org?

Sekarang setelah Anda memahami perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com, Saatnya untuk memutuskan opsi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda seorang blogger, jenis WordPress.com adalah cara terbaik untuk memulai. Saya sarankan menghabiskan beberapa rupiah  untuk membeli nama domain.

Jika Anda memutuskan untuk pindah ke WordPress.org nanti, Anda dapat memigrasi konten WordPress Anda dan mengarahkan ulang domain Anda. Pengunjung Anda tidak akan pernah tahu bahwa Anda sudah bergerak.

Jika Anda seorang pemilik bisnis atau profesional yang membutuhkan situs web yang tangguh, mulailah dengan jenis WordPress.org. Ketersediaan ribuan tema dan plugin akan menghemat waktu dan uang dibandingkan desain web tradisional.

Alasan besar mengapa WordPress adalah cara terbaik untuk membangun bisnis situs web.

Semoga  Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan antara dua Jenis WordPress yang berbeda ini. Dan yang lebih penting, saya harap saya telah membantu Anda menentukan versi WordPress yang tepat untuk situs web Anda.

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

2 komentar di “2 Jenis WordPress dan Perbedaannya yang Wajib di Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas