5 Cara Mengelola Uang – Freedom Financial

Sebelum anda mengikuti cara mengelola uang orang kaya pertama-tama saya anjurkan anda untuk memahami hal penting berikut ini;

Sebelumnya apakah anda pernah mendengar Financial Freedom di dalam cara mengatur keuangan?

 

Apa Itu Financial Freedom?

Menurut Robert T Kiyosaki. Kebebasan financial freedom adalah kondisi yang Anda bebas menjadi diri sendiri dan benar-benar bebas menjalankan hal yang Anda sukai. Bukan semata-mata menjadi kaya raya ataupun harta berlimpah saja tapi lebih dari itu ketika kondisi kita benar-benar terbebas.

Financial freedom is much more than having money. It’s the freedom to be who you really are and do what you really want in life. [Kim Kiyosaki]

Menurut Robert Kiyosaki, kebebasan keuangan hanya dapat di capai oleh orang-orang yang mau belajar dan bekerja untuk mencapai kebebbasan keuangan.

Seseorang yang berbeda dari kita yang sekarang dan membiarkan diri kita untuk tumbuh dan keluar dari zona nyaman. Penjelasaan mengelola uang akan saya bahas dengan beberapa pola yang di terapkan oleh orang-orang kaya di dalam kehidupannya.

Pengelolaan uang sangat menentukan alur kehidupan kita di masa yang akan datang.

5 Cara Mengelola Uang Freedom Financial

Kebebasan Keuangan Tidak Sama Dengan Kaya

Apa definisi kaya?

Sebenarnya pengertian kaya itu bermacam-macam, tergantung orangnya. Banyak orang memiliki definisi kaya, namun untuk memperjelas, kita asumsikan definisi kaya adalah jika pendapatan bersih setahun sebesar Rp. 500.000.000 atau lebih (pendapatan dikurangi pengeluaran)

Hal ini tidak sama dengan definisi kebebasan keuangan. Karena untuk menjadi bebas finansial cukup dengan pengeluarannya (expenses) lebih kecil dari pemasukannya (income). Contoh pendapatan seseorang sebesar Rp.100.000.000 per bulan. tetapi pengeluarnya Rp.110.000.000 maka orang tersebut belum bebas keuangan.

Jadi bebas keuangan bisa diartikan mempunyai income yang lebih besar dari expanses namun tidak perlu menukarkan waktu kita untuk mendapatkan income tersebut.

Dalam  kata lain, Kita mempunyai pendapatan pasif (uang yang didapat dengan kita tidak perlu bekerja untuk mendapatkan nya).

Pola cara mengelola uang selanjutnya yaitu,

Hal Yang Menghambat Mencapai Financial Freedom

Pernahkah Anda berpikir, mengapa Saya belum mencapai Goal???

Semua berawal dari diri Anda sendiri. Sejak kecil kebanyakan orang diprogaram untuk mengurus bisnis orang lain dan membuat mereka kaya. Secara tidak sadar, kita di berikan pola pemikiran oleh pendidikan dan budaya yang terdukasi bahwa kita harus:

  1. Pergi sekolah
  2. Mendapatkan pekerjaan
  3. Bekerja keras
  4. Menabung
  5. Beli rumah
  6. Hidup tanpa hutang
  7. Hidup sederhana dan lain-lain;

Hal ini bukan dimaksudkan salah 100%. Namun, ironisnya, mereka yang mengikuti aturan seperti itu malah yang tidak pernah mencapai kebebasan keuangan.

[Baca Juga ; 5 cara jaualan online pengusaha sukses]

Keyakinan Yang Salah Tentang Uang

  1. Uang adalah akar dari segala kejahatan

Banyak orang berpikir bahwa uang membuat seseorang berubah menjadi jahat. Bahkan faktanya bukanlah uang akar dari segala kejahatan. Karena tidak ada uang, Maka timbulah kejahatan. Misalnya pencuri. Dia tidak akan mengambil barang orang lain kalau dia sedang tidak dalam keadaan terdesak. benar atau benar ?




 

 

2.  Uang mengubah orang baik menjadi jahat

Seperti halnya point pertama, sebenarnya uang tidak mengubah seseorang menjadi jahat. Semakin banyak uang, maka kita akan semakin bermanfaat. Misalnya saja dengan banyak uang kita dapat berbagi kepada yang membutuhkan dan banyak melakukan amal.

     3.  Uang tidak menyelesaikan masalah

Memang semua masalah tidak bisa di selesaikan dengan uang. tapi kalau tidak ada punya uang juga bakalan menambah daftar panjang masalah yang ada. Jadi lebih baik punya masalah dalam keadaan punya banyak uang dari pada sudah melarat banyak masalah pula.

4 Kuadaran Sumber Penghasilan

Hosting Unlimited Indonesia

Menurut Robert Kiyosaki, ada 4 kuadran yang mungkin menjadi penghasilan seseorang yaitu:

  1. Kuadran Employee , Di dalamnya adalah orang-orang yang bekerja sebagai pegawai di perusahaan orang lain. Mereka bisa menjadi seorang direktur bahkan ob di perusahaan itu. Yang terpenting bukanlah yang mereka lakukan, namun perjanjian yang mereka miliki dengan perusahhan itu.
  2. Kuadran Self Employee , Orang-orang yang mempunyai usaha sendiri dan masih bekerja di perusahaan/usahanya tersebut. Biasanya mereka mengambil jalur pendidikan yang tinggi agar kelak setelah lulus dapat membuka bisnisnya sendiri. Contohnya seperti dokter, pengacara jaga toko keluarga, dan lain-lain.
  3. Kuadran Bisnis Owner , adalah orang-orang yang mempunyai bisnis dan bisnis tersebut tetap akan jalan ada atau pun tidak adanya si pemilik bisnis ini,ini di sebut auto pilot. Seorang bisnis owner adalah orang yang mendelegasikan pekerajaannya kepada orang lain. Maka dari itu, bisnis owner sering dan senang mengitari dirinya dengan orang-orang pandai di keempat kuardian.
  4. Kuadran Investor , adalah orang-orang yang membuat uang dari uang. mengeluarkan uangnya untuk investasi menguntungkan yang dapat mempercepat kekayaan mereka semakin bertambah. Mereka tidak perlu bekerja, karena uang yang bekerja untuk mereka. Investor bisa dari berbagai sektor bidang, seperti properti, bisnis, komoditi, paper, dan lain-lain.

Tipe Income Anda

[Baca Juga ; 10 Motivator terbaik di dunia]

Banyak orang yang berfikir bahwa income itu hanya dari 1 sumber saja, yaitu kerja. Apalagi jika dari kecil sudah terdidik bahwa kita harus sekolah, mendapat niali bagus, untuk dapat kuliah bagus supaya di terima di pekerjaan yang bagus dan jabatan yang bagus , dalam beberapa kasusu di lapangan kita tidak di ajarkan cara mengelola uang. Anda tidak dapat menikmati hidup Anda, mendidik ana-anak Anda karena hanya memikirkan kerja untuk uang. It’s boring, siklusnya seperti itu saja. Hal ini di karenakan kita sudah tahu jelas bahwa income itu tidak hanya berasal dari satu sumber saja.

3 Jalur Kekayaan

Salah satu bagian terpenting dalam kecerdasan finansial adalah belajar bagaimana untuk menjadi kaya dan membangun kekayaan. Banyak orang yang menginginkan kebebasan financial namun tidak berani untuk keluar dari zona nyamannya.

Dalam buku A Millionaire Fastlane dari MJ DeMarco, Dijelaskan bahwa ada 3 jalur yang berbeda dalam mengumpulkan kakayaan yaitu:

Hosting Unlimited Indonesia

  1. Sidewalk
  2. Slowlane
  3. Fastlane

Tapi sebelum kita membashas 3 jalur kekayaan lebih dalam ada baiknya Anda pahami dahulu 5 cara mengelola uang freedom financial ini.

Nantikan kelanjutan nya dan jangan lupa untuk berbagi kebaikan dalam berilmu….

 

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

2 komentar di “5 Cara Mengelola Uang – Freedom Financial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas