5 Menit Belajar SEO | Dijamin One Page

Lebih dari 1 jutaan situs web yang ada di internet, tapi apakah bisa untuk mendapatkan rank 1 di browser pencarian di internet? Bisa, di artikel ini Anda akan belajar SEO dan bagaimana cara mengimplementasikan ada situs Anda.

Untuk yang belum tahu apa itu SEO bisa baca di sini…

Pengodean situs yang hebat hanyalah langkah pertama dalam membangun kehadiran web yang sukses dan populer. Setelah situs web Anda aktif di web, Anda perlu pengunjung untuk menemukannya.

 

Meskipun Anda dapat meningkatkan lalu lintas ke situs Anda dengan menempatkan iklan di jejaring sosial dan halaman hasil mesin pencari (SERP) dari mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo !, semua sumber lalu lintas itu akan dikenakan biaya uang – sumber daya yang mungkin tidak berlimpah ketika Anda baru memulai.

Akibatnya, sebagian besar situs web populer bergantung pada lalu lintas mesin pencari organik: lalu lintas gratis berasal dari mesin pencari saat pengunjung menemukan situs web setelah menanyakan mesin pencari.

5 Menit Belajar SEO 2020

Optimisasi mesin pencari, atau SEO, adalah proses meningkatkan situs web Anda sehingga mencapai peringkat yang lebih tinggi di SERP mesin pencari, dan agar lebih banyak pengguna mesin pencari mengklik daftar situs web Anda di hasil mesin pencari.

Google adalah Raja

Ketika berbicara tentang SEO, sudah umum istilah mesin pencari digunakan secara bergantian dengan Google. Ini terjadi karena dua alasan:

Google adalah mesin pencari paling populer dengan margin lebar. Sekitar 70% dari semua lalu lintas pencarian bergerak melalui Google.
Situs web yang dioptimalkan untuk Google juga akan berkinerja baik di mesin pencari lain seperti Yahoo! dan Bing.

Dengan kata lain, fokuskan upaya Anda pada Google dan Anda akan secara bersamaan meningkatkan kinerja situs Anda di mesin pencari lainnya. Saat Anda fokus pada peningkatan kinerja situs web Anda di SERP Google, perhatikan baik-baik apa yang dikatakan Google tentang mengoptimalkan situs Anda untuk mesin pencari. Sebelum Anda belajar SEO lebih jauh, Anda bisa memahami terlebih dahulu pembahasan di bawah ini;

Filosofi SEO Mendasar

Mesin pencari berhasil ketika pengguna mereka menemukan nilai dalam hasil pencarian yang mereka hasilkan. Untuk alasan ini, mesin pencari selalu berusaha meningkatkan kualitas hasil pencarian.

Secara berkelanjutan, mesin pencari memperbarui algoritma mereka untuk meningkatkan kualitas SERP. Sebagian besar pembaruan ini berfokus pada menyaring hasil pencarian berkualitas rendah seperti situs spam, pelanggar hak cipta, dan situs yang menyediakan konten duplikat.

Hal dasar sebelum belajar SEO anda perlu mengikuti berita terbaru dari google mengenai pembaruan terbaru untuk algoritme.

pencarian Google telah berfokus pada hal-hal seperti memilih situs web yang ramah seluler daripada yang sulit digunakan pada perangkat seluler, menghukum situs web yang berulang kali melanggar undang-undang hak cipta, dan menghukum situs web yang tampaknya menggunakan praktik SEO menipu atau manipulatif .

Pada akhirnya, produk seperti Google Penelusuran berhasil ketika mengembalikan hasil yang relevan, dapat diakses, dan berkualitas tinggi.

Artinya, SEO yang efektif akan menyelaraskan situs web Anda dengan kebutuhan pengunjungnya dengan menjadi relevan dan dapat diakses semaksimal mungkin sambil menghasilkan konten berkualitas tinggi.

Dasar-dasar SEO

Jangan hanya fokus untuk belajar SEO, namun Anda harus belajar juga mengoptimalkan kinerja situs web Anda.

Jika  ingin situs web Anda berkinerja baik di SERP Google, berikut adalah lima hal yang harus Anda lakukan:

1. Mendaftar untuk Google Analytics dan Search Console

Google Analytics dan Search Console adalah seperangkat alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi kata kunci yang digunakan pengguna untuk menemukan situs Anda, melacak metrik pencarian seperti rasio klik-tayang dan posisi SERP rata-rata, mengirimkan peta situs untuk dijelajahi oleh Google, dan menganalisis keseluruhan kinerja situs Anda.

Ini adalah alat gratis yang dapat membantu Anda secara serius meningkatkan kinerja situs web Anda, dan Anda hanya menyakiti diri sendiri dengan tidak mendaftar dan belajar menggunakan sumber daya gratis ini. Ada sedikit kurva pembelajaran saat pertama kali mendaftar untuk Google Analytics dan Search Console.

Untungnya, Google menyediakan tutorial pengantar untuk membantu Anda memulai keduanya dengan Google Analytics dan Search Console.

2. Bangun Backlink Berkualitas Tinggi

Tautan balik juga disebut tautan masuk, Apa pun sebutan Anda, yang kami bicarakan adalah tautan dari situs web lain yang mengarah ke situs web Anda.

Tautan balik digunakan oleh mesin pencari untuk mengidentifikasi situs web yang oleh situs web lain dianggap otoritatif pada topik tertentu, dan dianggap sebagai faktor paling penting dalam menentukan posisi setiap daftar pada SERP.

Ini terutama benar jika situs populer dan otoritatif menautkan kembali ke situs Anda. Membangun backlink tidak mudah, dan pada dasarnya ada tiga cara untuk melakukannya:

  • Buat konten orisinal yang sangat bagus, bermanfaat, dan menarik sehingga situs web lain ingin membagikannya.
  • Hubungi situs web lain dan minta mereka untuk menaut ke situs Anda. Biasanya, ini akan berbentuk semacam perjanjian timbal balik seperti menawarkan untuk menulis posting blog tamu sebagai imbalan untuk menyertakan byline penulis yang menghubungkan kembali ke situs Anda.
  • Berikan sesuatu yang mencakup tautan bawaan ke situs web Anda. Salah satu cara yang baik untuk melakukan ini jika Anda mahir dengan perangkat lunak grafis adalah membuat infografis yang menyertakan tautan kembali ke situs web Anda dan membaginya di media sosial dan dengan situs web yang mungkin ingin memposting infografis.

Hanya berhati-hatilah bahwa upaya membangun tautan Anda diarahkan untuk membangun tautan nyata dan bukan tautan spam. Ingatlah bahwa tujuan utama Anda adalah untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi yang benar-benar bermanfaat bagi pengunjung situs web Anda.

Cara terbaik untuk membangun backlink adalah dengan membuat konten yang begitu baik sehingga pengunjung Anda dan situs web lain ingin membagikannya tanpa Anda meminta mereka melakukannya.

Algoritma mesin pencari dirancang untuk menangkap tautan spam – seperti tautan yang ditambahkan ke bagian komentar di blog atau di pos forum.

Aturan praktis yang baik adalah bahwa jika Anda dapat memposting tautan ke situs web Anda di situs web yang berbeda tanpa persetujuan editorial apa pun dari pemilik situs web, itu bukan backlink yang baik.

3. Buat Konten Berkualitas Tinggi





 

Pada akhirnya, tujuan dari setiap mesin pencari, termasuk Google, adalah untuk menghargai konten berkualitas tinggi karena itulah yang akhirnya dicari oleh pengguna mesin pencari.

Jadi, apa pun niche Anda, fokuslah untuk menghasilkan konten dengan kualitas terbaik yang Anda bisa. Saat membuat konten tertulis, seperti posting blog, artikel, dan salinan halaman web, ikuti panduan ini:

  • Hindari posting yang sangat singkat. Jika Anda tidak dapat menulis setidaknya beberapa ratus kata tentang suatu topik, pertimbangkan untuk menjadikannya subtopik di pos yang lebih besar. Pendapat berbeda-beda tentang berapa lama posting seharusnya, tetapi sebagian besar ahli sepakat bahwa apa pun yang lebih pendek dari 300 kata adalah usaha yang sia-sia, dan bahwa posting 1000 kata yang panjang dan lebih lama cenderung lebih baik.
  • Google dan mesin pencari lainnya menyukainya ketika Anda menautkan ke konten eksternal, dan mereka benar-benar menyukainya ketika teks tautan Anda pendek, deskriptif, dan alami.
  • Gunakan tag heading dengan benar untuk menambahkan struktur dan kejelasan pada konten Anda. Jangan terlalu sering menggunakan judul (seperti menjatuhkan paragraf teks ke dalam tag heading) dan menggunakannya sesuai dengan hierarki alami mereka (gunakan hanya satu h1, diikuti oleh h2 subpos, yang selanjutnya dipecah oleh h3 subpos, dan sebagainya)

4. Buat Situs Web yang Dapat Diakses

Mesin pencari lebih suka situs web yang dapat diakses oleh semua jenis pengunjung menggunakan semua jenis perangkat. Ada tiga aturan dasar untuk membuat situs web yang dapat diakses:

  • Tulis HTML semantik.
  • Manfaatkan teks alternatif gambar dengan tepat.
  • Pastikan situs web Anda berfungsi dengan baik pada perangkat dari semua ukuran.

5. Struktur Situs Web Anda dengan Benar

Langkah terakhir untuk membuat fondasi mesin pencari yang dioptimalkan untuk situs web Anda adalah memastikan bahwa struktur situs web Anda lengkap dan logis. Situs web yang terstruktur dengan baik akan membantu dalam dua cara:

  1. Perayap web mesin pencari akan melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengindeks situs web yang terorganisasi dengan baik dan mencakup semua bagian yang dicari perayap.
  2. Pengguna mesin pencari akan mengklik hasil yang tampaknya paling bermakna, dan penataan situs web Anda dengan benar dapat memengaruhi bagaimana halaman Anda muncul di SERPs.

Tambahkan Judul Halaman dan Deskripsi

Langkah pertama untuk penataan halaman web Anda dengan benar adalah memiliki judul halaman yang bagus di elemen kepala halaman web Anda. Judul halaman adalah apa yang muncul ketika pengguna melihat halaman web Anda terdaftar pada SERP dan diindeks oleh mesin pencari untuk digunakan dengan cara ini.

Selain judul halaman yang bagus, Anda akan ingin menambahkan deskripsi halaman menggunakan meta tag di elemen kepala halaman. Deskripsi diindeks dan dapat digunakan oleh mesin pencari sebagai ringkasan dari isi halaman Anda. Sintaks untuk menambahkan judul dan deskripsi ditunjukkan di bawah ini:

Gunakan URL yang Berarti

URL yang berarti lebih disukai daripada yang tidak berarti oleh mesin pencari dan pengunjung situs web. Pilih URL yang dapat dibaca manusia dan yang menyampaikan sesuatu tentang konten halaman. Misalnya, URL yang diakhiri dengan seo akan menjadi pilihan yang lebih baik dari pada pageid=1407 untuk halaman tentang pengoptimalan mesin pencari.

Jadikan Situs Web Anda Tetap Teratur

Navigasi situs yang baik dan struktur situs web hierarkis yang jelas membantu mesin pencari web crawler dan pengguna situs web menemukan jalan mereka di situs web Anda. Mulai dari beranda Anda dan bangun struktur situs web Anda secara logis.

Saat Anda menentukan struktur direktori situs web Anda, pastikan bahwa ketika pengunjung menghapus bagian dari URL, mereka mendarat di halaman yang masuk akal dan tidak pada pesan kesalahan 404 Halaman Tidak Ditemukan.

Anda juga ingin membuat sitemap XML untuk dikirimkan ke mesin pencari untuk memastikan mereka mengindeks luasnya situs web Anda. Selain itu, jika situs web Anda kompleks, tambahkan versi HTML sitemap Anda untuk membantu pengunjung menemukan jalan mereka ke konten yang mereka cari.

Jauhkan Mesin Pencari dari Pengindeksan Halaman yang Salah

Ketika perayap web mengunjungi situs web Anda, ia akan memeriksa file berjudul robots.txt dan ikuti instruksi yang terkandung dalam file itu. Anda dapat menggunakan ini untuk keuntungan Anda dengan menggunakan file ini untuk memberi tahu web crawler untuk tidak mengindeks halaman tertentu.

Jika Anda sudah mendaftar untuk Alat Webmaster Google, Anda dapat menggunakan alat gratis mereka untuk membuat dan menguji file robots.txt untuk ditambahkan ke direktori root situs web Anda.

Jaga Reputasi Anda Tetap Utuh

Ketika Anda menautkan ke situs lain, Anda memberikan sedikit reputasi situs web Anda ke situs dengan tautan itu. Namun, ada beberapa kasus di mana Anda mungkin tidak ingin melakukan ini.

  • Jika Anda mengizinkan pengguna untuk mengirim komentar yang tidak dimoderasi di situs web Anda, mereka dapat memposting tautan spam.
  • Jika Anda menulis artikel tempat Anda menautkan ke situs sebagai contoh praktik negatif.

Berita baiknya adalah mudah untuk memberi tahu perayap web bahwa Anda tidak ingin menjamin situs yang Anda tautkan.

Untuk melakukannya, cukup format elemen jangkar Anda dengan atribut tambahan yang Anda lihat di bawah:

Tautan yang tidak ingin Anda jamin

Banyak blogging dan platform manajemen konten secara otomatis menambahkan rel = “nofollow” ke komentar. Beberapa menit meneliti topik ini akan menghasilkan informasi yang Anda butuhkan untuk menentukan apakah Anda perlu mengambil langkah tambahan untuk melindungi bagian komentar di situs Anda dari tautan spam.

Sumber Daya Tambahan & Pikiran Penutup

SEO adalah topik yang kompleks dan terus berkembang. Tujuan akhir dari setiap kampanye SEO adalah untuk melayani pengunjung situs web Anda sebaik mungkin dengan menghasilkan konten berkualitas tinggi dan memformat serta mengatur situs web Anda dengan benar.

Luangkan waktu untuk mengimplementasikan langkah-langkah yang dijelaskan dalam tutorial ini dan Anda akan membangun fondasi yang dioptimalkan untuk membangun kerajaan web Anda.

Jika Anda ingin belajar SEO lebih lanjut, berikut adalah beberapa sumber daya tambahan gratis untuk membantu Anda dalam belajar SEO:

Panduan Google Belajar SEO
Panduan Pemula MOZ untuk SEO

Jika Artikel ini bermanfaat untuk Anda, admin sangat berterima kasih apabila Anda membagikan Artikel ini di akun sosmed Anda.

Terima kasih

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Satu komentar di “5 Menit Belajar SEO | Dijamin One Page

Komentar ditutup.

Kembali ke atas