7 Cara Analisa Pasar dan Cara Menulisnya

Bagian cara analisa pasar dari rencana bisnis Anda muncul setelah bagian produk atau layanan dan harus memberikan tinjauan rinci industri tempat Anda ingin menjual produk atau layanan Anda, termasuk statistik untuk mendukung klaim Anda.

Secara umum, bagian analisa pasar harus mencakup informasi tentang industri, target pasar Anda, pesaing Anda, dan bagaimana Anda bermaksud membuat tempat untuk produk dan layanan Anda sendiri.

Data yang luas untuk bagian ini harus ditambahkan pada akhir rencana bisnis sebagai lampiran, dengan hanya statistik paling penting yang termasuk dalam bagian cara analisa pasar itu sendiri.

Cara Analisa Pasar

Anda bisa melakukan analisa pasar untuk bisnis Anda sendiri dengan mempelajarinya di berbagai latform yang ada di internet. Namun, jika Anda inginkan bisnis berjalan secara profesional Anda dapat menyewa jasa konsultan bisnis untuk bisnis Anda.



 

Apa yang Harus Disertakan Analisis Pasar?

Bagian analisa pasar dari rencana bisnis kecil Anda harus mencakup yang berikut:

  • Deskripsi Industri dan Outlook: Statistik terperinci yang menentukan industri termasuk ukuran, tingkat pertumbuhan, tren, dan prospek.
  • Target Pasar: Siapa klien / pelanggan ideal Anda? Data ini harus mencakup demografi pada grup yang Anda targetkan termasuk usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan preferensi gaya hidup. Bagian ini juga harus mencakup data tentang ukuran pasar target, potensi pembelian dan motivasi audiens, dan bagaimana Anda berniat mencapai pasar.
  • Hasil Uji Pasar: Di sinilah Anda memasukkan hasil riset pasar yang Anda lakukan sebagai bagian dari penyelidikan awal Anda ke pasar. Detail tentang proses pengujian Anda dan statistik pendukung harus dimasukkan dalam lampiran.
  • Lead Time: Lead time adalah jumlah waktu yang diperlukan agar suatu pesanan dapat dipenuhi begitu seorang pelanggan melakukan pembelian. Di sinilah Anda memberikan informasi tentang penelitian yang telah Anda selesaikan tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menangani pesanan individu dan pembelian dalam jumlah besar, jika berlaku.
  • Analisis Kompetitif: Siapa pesaing Anda? Apa kekuatan dan kelemahan kompetisi? Apa hambatan potensial yang mencegah Anda memasuki pasar?

7 Tips Menulis Cara Analisa Pasar

Berikut adalah kumpulan tips untuk membantu Anda menulis analisia pasar yang efektif dan menyeluruh untuk rencana bisnis kecil Anda.

Gunakan Internet

Karena sebagian besar bagian analisa pasar bergantung pada data mentah, Internet adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Data demografis dapat dikumpulkan dari Biro Sensus. Serangkaian pencarian dapat mengungkap informasi tentang pesaing Anda, dan Anda dapat melakukan sebagian riset pasar Anda secara online.

Jadilah Pelanggan

Salah satu cara paling efektif untuk mengukur peluang di antara target pasar Anda adalah dengan melihat produk dan layanan Anda melalui mata pembeli.

Apa masalah yang perlu diselesaikan? Bagaimana kompetisi mengatasi masalah itu? Bagaimana Anda memecahkan masalah dengan lebih baik atau berbeda?

Cut to the Chase

Akan bermanfaat bagi audiens rencana bisnis Anda jika Anda menyertakan ringkasan bagian analisia pasar sebelum masuk ke dalam detail.

Ini memberi pembaca ide tentang apa yang akan datang dan membantu mereka membidik rincian paling penting dengan cepat.

Lakukan Riset Pasar

Luangkan waktu yang diperlukan selama fase eksplorasi awal untuk meneliti pasar dan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang Anda bisa.

Kirimkan survei, lakukan fokus grup, dan minta umpan balik ketika Anda memiliki kesempatan. Kemudian gunakan data yang dikumpulkan sebagai bahan pendukung untuk analisis pasar Anda.

Gunakan Alat Bantu Visual

Informasi yang sangat didorong oleh angka, seperti statistik dan metrik yang termasuk dalam cara analisa pasar, biasanya lebih mudah dipahami ketika disajikan secara visual. Gunakan grafik dan grafik untuk menggambarkan angka-angka terpenting.

Be Concise

Dalam kebanyakan kasus, mereka yang membaca rencana bisnis Anda sudah memiliki pemahaman tentang pasar.

Masukkan data dan hasil paling penting di bagian cara analisa pasar dan pindahkan dokumentasi dan statistik dukungan ke apendiks.

Hubungkan Kembali ke Bisnis Anda

Semua statistik dan data yang Anda masukkan dalam analisis pasar Anda harus dikaitkan kembali dengan perusahaan Anda dan produk dan layanan Anda.

Ketika Anda menguraikan kebutuhan target pasar, berikan fokus pada bagaimana Anda diposisikan secara unik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Demikianlah pembagasan singkat mengenai analisa pasar, semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam startup bisnis Anda.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan Anda bagikan ke laman media sosial Anda.

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas