7 Strategi Pemasaran Bisnis Online 2020

Dalam artikel kali ini kami akan membagikan kepada Anda bebrapa tips strategi pemasaran bisnis online. Di era digitalisasi ini beberapa kegiatan perdagangan banyak di lakukan secara online, seperti saat Anda sedang malas untuk belanja kebutuhan Anda ke minimarket atau mall, belanja online adalah alternatif utama.

Hanya bermodalkan android dan internet Anda dapat menemukan banyak produk yang Anda cari di website dan di aplikasi marketplace. Sistem pembayaran yang mudah membuat kita lebih banyak mempunyai waktu untuk aktifitas lain.

Jika Anda ingin memulai untuk berbisnis online itu sangat mudah untuk di lakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

Namun, setidaknya Anda harus memahami basic dari berbisnis online dan strategi pemasaran untuk bisnis Anda.

Bisa saja bisnis online di lakukan tanpa strategi yang matang tapi, itu juga akan berimbas kepada bisnis Anda yang tidak memberikan hasil seperti apa yang Anda inginkan.

Apa itu Strategi Pemasaran?

Di kutip dari wikipedia, Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.

Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran, dari suatu perusahaan, dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Apa Strategi Pemasaran untuk Bisnis Online?

Pada umumnya strategi ini biasa di kenal dengan srtategi marketing digital, strategi terbaik biasanya memiliki hasil yang maksimal dengan menggunakan biaya se-efektif mungkin.

Sebelum itu Anda harus mempunyai beberapa aset yang harus Anda gunakan untuk menerapkan strategi pemasaran ini, alangkah baiknya jika Anda menggunakan website sendiri untuk membuat bisnis Anda terlihat profeasional, Anda bisa mebacanya di sini 5 Tips Belajar Bisnis Online Lengkap Untuk Pemula

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan dalam bisnis online Anda.

 

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah salah satu strategi marketing yang dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau. Dengan melakukan optimasi pada website memungkinkan website Anda muncul dihalaman pencarian search engine dan mendapatkan pengunjung yang kemungkinan besar menginginkan produk Anda.

2. SEM (Search Engine Marketing)

SEM memiliki media yang sama dengan SEO yaitu search engine. SEM ini menggunakan pihak ketiga untuk membantu pemasaran bisnis kita di internet dengan memasang iklan bisnis kita ke penyedia iklan, bisa itu google ads atau yang lain nya.

3. Social Media Marketing

Sosial media adalah tempat berbagi apa saja dan dapat di akses siapa saja, dengan jangkauan yang luas hingga langsung memasarkan bisnis Anda kepada audiens Anda.

Dengan membuat content marketing yang tepat, maka Anda akan mendapatkan calon pelanggan yang tepat dan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

4. Affiliate Marketing

Ini adalah strategi pemasaran online yang saling menguntungkan. Hal ini dikarenakan Anda akan berbagi keuntungan dengan pebisnis lain untuk setiap produk yang terjual. Pada umumnya seseorang akan bekerjasama dengan blogger dan menggunakan blog untuk melakukan pemasarannya.

5. Miliki Target sebagai Landasan Awal

Dalam bisnis, target pemasaran menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Cobalah untuk selalu memetakan target pasar untuk waktu tertentu. Strategi pemasaran bisnis online ini dilakukan karena tidak semua orang menginginkan atau membutuhkan produk yang dijual.

Miliki target pasar tertentu yang berhubungan dengan bisnis Anda, bidik kalangan tertentu yang akan membuat Anda lebih mudah untuk menentukan strategi pemasaran yang akurat.

6. Manfaatkan Marketpleace yang Ada.

Saat anda belum memiliki website sendiri Anda dapat mengandalkan marketpleace sebagai pihak ketiga untuk memasarkan bisnis Anda. Tapi, alangkah baiknya jika Anda memiliki situs website sendiri untuk memasarkan bisnis Anda, dan gunakan situs web yang berbayar. Karena itu akan terlihat profesional  di mata pelanggan Anda.

Baca juga : Cara Memasarkan Bisnis di Facebook – 2020

Untuk membuat para pelanggan tidak takut untuk berbelanja online, bergabung dengan e-commerce atau marketplace bisa menjadi sebuah jalan yang tepat. Disini karena pembayaran akan lebih aman karena adanya pihak ketiga yang bertanggung jawab.

7. Platform Understanding

Menjadi seorang pebisnis artinya Anda harus selalu up to date dan mengikuti tren yang ada. Anda harus bisa fleksibel dalam menggunakan beragam media sosial yang saat ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat.

Anda harus memiliki pola pikir yang tidak kaku dan terus mengikuti tren yang ada. Apalagi mengingat penggunaan sosial media sangatlah penting dalam bisnis. Jadi, pahami tren yang ada dan ambil keuntungan untuk membuat strategi pemasaranmu semakin baik.

Demikianlah beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam bisnis online yang sedang ditekuni. Jangan lupa untuk tetap semangat dalam menekuni bisnis karena sesuatu yang besar berawal dari hal kecil yang dilakukan secara tekun.

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas