7 Tips Gampang Mendesain Cover Novel

Pernahkah kamu mengalami masalah saat ingin mendesain cover novel atau sampul untuk sebuah cerita yang kamu tulis? Soib rasa sih pasti pernah, ya apa iya? Ini pengalaman Soib sendiri yang seringkali suka bingung harus bagaimana mendesain cover yang menarik perhatian pembaca, secara Soib sama sekali enggak memiliki background seorang desainer dan tidak terlalu mahir dalam bidang ini. Cover cerita Soib juga gak terlalu jelek dimata desainer perofesional, hehehe.

Eiits, sebelum masuk ke pembahasan. Soib harap materi ini bisa membantu kamu dalam mendesain cover suatu cerita yang kamu tulis. Kita bahas ini dengan rilexs dan santay aja ya, jangan terlalu tegang dan jangan terlalu formal kayak guru bahasa indonesia yang lagi ngejelasin di depan, terus kamu malah tiduran kelas. (Pengalaman Soib loh ya. :D)

Mendesain Cover Novel

Kamu bisa membuat desain cover dari photoshop, corel draw jika menggunakan komputer, atau jika kamu menggunakan handphone kamu bisa pakai aplikasi picsart dan semacamnya yang ada di appstore/playstore. Materi yang Soib bagikan ini “Tips mendesain cover” Bukan “Cara membuat cover”. Oke, let’s go!

Temukan Fokus Saat Mendesain Cover

Maksudnya apa nih kak Soib?

Jadi gini, kamu nulis cerita baik itu novel, cerpen ataupun puisi. Pastilah kamu memiliki point penting dalam cerita itu, kan? kayak tokoh utama, latar cerita dan sebagainya. Tentunya kamu ingin menggambarkan isi dari cerita itu kedalam cover yang kamu buat. Nah, secara gak langsung kamu udah nemuin fokus dari cerita kamu.

Terus deh, kamu tuangkan dalam bentuk gambar atau tulisan di cover yang mewakili fokus dari cerita yang udah dibuat. Kalau kamu hanya ingin membuat cover dengan tulisan judul, sebenarnya itu sah-sah aja sih. Tapi, untuk sekarang ini alangkah baiknya jika menggunakan visual atau gambar. Nanti deh, Soib bakalan bahas tentang cara membuat judul yang benar. Sabar ya, hehehe

Fokus pada satu gambar utama yang ingin kamu tunjukkan di cover, ya sisanya bisa di sandingkan dengan visual yang lain, tapi jangan terlalu mendominasi ya. Buat cover itu dalam tiga detik, yang bisa bikin pembaca ngeh tentang isi cerita kamu. “Genrenya, ceritanya, mungkin juga efek yang akan di dapat pembaca”.

Ini cerita karya Soib AMHI Part Satu

Sertakan yang PERLU Aja

Nah, bagian ini nih yang sering Soib tergoda saat membuat cover.

Kadang kala kita tergoda untuk memasukkan beberapa tokoh cerita dalam cover, misalnya. Sebenarnya itu perlu sih, tapi malah kesannya tuh kayak “NYAMPAH”, cukup masukin aja misalnya, satu tokoh penting dengan cast yang tampan atau cantik untuk menarik minat pembaca. Jangan semua tokoh di dalam ceritamu ngumpul di cover semua. Do not do it!

Contoh : Cover novel simpel, gambar daun yang gugur, background di gurun pasir, judul yang singkat hanya satu sampai tiga kata. Soib suka itu.

Gunakan Background

Soib sangat menekankan buat kamu yang masih pemula (Sama kayak Soib :D) jangan gunakan background berwarna Putih. 

Loh? Kenapa begitu kak?

Bagi kita yang masih pemula dalam menulis, tentunya kita akan membagikan cerita kita di platform sosial media atau menulis di platform resmi, ya kalau kamu udah mahir dan bisa nerbitin buku sih sah-sah aja pakai background cover berwarna putih.

Cover cerita kamu bakal gak kelihatan backgroundnya jika gak di kasih border. Kalau di taruh di web yang mempunyai background warna putih otomatis covermu gak bakal kelihatan tanpa menggunakan border. Hilang seperti dia :v

Judul Harus Gede

Maksudnya gede ya gak harus sampai satu cover juga gedenya. -_-

Tips-mendesain-cover-novel-1_result

 

Gambar di atas adalah contoh thumbnail cover novel yang ada di platform Wattpad. Jika tulisan judul cerita di cover kamu terlalu kecil, dalam thumbnail pembaca tidak akan bisa membaca tulisan dari judul cerita kamu yang ada di cover. Kamu bisa mengira-ngira berapa ukuran font yang di gunakan agar pembaca bisa langsung menangkap judul itu saat pertama kali melihat. Melihat otomatis membaca. :v

Pakai Gaya Huruf yang Lazim

Pleaseee! Jangan pake Style huruf yang aneh-aneh deh. Oke, emang sih niatnya itu pengen indah atau keren. Tapi, ujung-ujungnya itu hanya membuat judulmu terlalu berlebihan “ALAY”. Gunakan style huruf yang standart yang lazim di gunakan pada umumnya. Contohnya kak?

Kamu bisa survey sendiri deh, coba googling atau lihat di wattpad. Ada banyak sekali tipe judul yang keren dan juga bisa di baca meski itu cover dalam bentuk thumbnail.

TUNGGU! Sebelum lanjut kamu tau gak sih apa itu Thumbnail? 

Soib gak bahas apa itu thumbnail di sini ya :v langsung aja kamu bisa simak di wikipedia apa itu thumbnail.

Penggunaan Warna

Hidup itu penuh dengan warna. 😛

Itu memang benar kok, gak salah. Tapi, jangan kamu gunakan filosofi itu untuk mendesain cover novel, hahaha. Soib pernah milih-milih novel dan nemuin cover yang eeeuuch, rame sekali hahaha. Terus apa yang Soib lakuin? Ya B aja sih soalnya judul sama covernya aja bikin sakit mata. Judulnya Sepi Kemarin tapi, warna-warni pelangi ada semua di cover novel itu. Gak tau sih, mungkin cara pandang Soib berbeda dari cara pandangan si penulis, atau mungkin juga strategi market penulis untuk membuat penasaran pembaca. Nah, ini nanti akan Soib kupas tuntas soal cover yang menarik untuk pembaca.

Intinya gunakanlah setidaknya tiga warna dalam cover kamu. Eitss! Sesuaikan waran cover dengan genre novel kamu ya. 😀

Temen Soib juga baca 7 Tips Membuat Novel Dengan Cepat Untuk Pemula

Banyak-banyak Lihat Cover Karya Orang Lain

Ide itu muncul selain dari otak kita ya dari melihat atau mendengar. Cara ini wrok it banget, seringkali Soib menggunakan cara ini untuk menemukan ide-ide baru atau menambah ide dalam mendesain cover novel tanpa mengesampingkan isi cerita.

Banyak kok coveer-cover novel yang menarik perhatian di internet.

Kalo kamu udah nemuin cover yang menarik dan sejalan sama cerita novelmu, LAKUKANLAH dengan menggunakan prinsip ini. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). DILARANG KERAS MENJIPLAKNYA!

Dan ….

Cukup sekian tips dari Soib tentang Tips gampang mendesain cover novel. Semoga bermanfaat untuk kamu ya, eh ya jelaslah kan soib nulis hanya yang bermanfaat. :v

Jadilah orang pertama yang membagikkan tulisan ini di hatiku (Lebay). 😛

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

3 komentar di “7 Tips Gampang Mendesain Cover Novel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas