7 Tips Membuat Novel Dengan Cepat Untuk Pemula

Pada umumnya membuat novel itu sangat mudah kok, setiap orang bisa membuat novelnya sendiri tanpa harus memiliki keahlian khusus dalam kepenulisan. Kunci utama dalam membuat novel adalah sebuah ide cerita yang mampu kamu tuangkan dalam sebuah tulisan.

Sebenarnya tidak ada standar baku tentang cara menulis novel selain struktur plot terdiri dari awal-tengah-akhir, cerita berupa fiksi, memiliki tokoh utama, tema, dan latar. Namun, orang yang gemar membaca, akan lebih mudah menulis secara natural.
Umumnya penulis yang suka membaca, akan lebih mudah merangkai kata dan adegan saat bercerita.

Nah, inilah 7 cara membuat novel bagi pemula, yang dirangkum dari berbagai sumber:

Rumuskan Ide Utama Cerita

Setelah tahu genre cerita yang ingin digeluti, maka buatlah alternatif ide yang ada di benakmu, lalu tulis dan seleksi ide-ide yang ada. Kemudian dari satu ide tersebut, rumuskan dalam satu kalimat berstruktur lengkap untuk memudahkan penyortiran. Tidak semua ide harus diubah menjadi cerita.

Tentukan Tokoh Utama

Agar cerita tak melebar ke mana-mana, pastikan sudah menentukan siapa tokoh utama dan karakter tokoh yang akan ditonjolkan, sebagai awal dari karakterisasi yang kuat. Karena tokoh utama sebagai penggerak dalam sebuah cerita. Tunggu ya, nanti Shohib bakal buatin cara membuat tokoh dalam novel yang baik dan benar. 😉

Buat Plot Besar

Simpelnya, membuat kerangka plot itu bagaimana kejadian utama di awal, tengah, dan akhir. Jangan berpikir untuk membuat cerita yang mengalir begitu saja, karena membuat plot sangat bermanfaat untuk kelancaran proses kreatif.

Mulai Menulis

Mulailah menulis novel terlebih dahulu. Masalah penyuntingan bisa dilakukan setelahnya. Utamakan dahulu menyusun kisah, dengan bebas dan mengeksplorasi gaya berceritamu dari waktu ke waktu.

Temen Shohib juga baca 7 Tips Gampang Mendesain Cover Novel

Kamu bisa memulai dari mana saja, tidak harus bab pertama. Menulis dengan cara mengalir tanpa kekangan, namun tetap mengaplikasikan prinsip dan pijakan yang jelas, yakni plot besar yang sudah dibuat. Shohib sarankan mulai menulis dari bab dan struktur plot yang ingin kamu buat lebih dulu.

Setting Cerita

Tetapkan setting waktu dan tempat. Gambarkan setting yang pentingnya untuk mendukung pengembangan cerita novel yang kamu buat. Gambarkan setting tersebut agar menarik pembaca seolah mengalami apa yang tokoh alami dalam cerita tersebut.

Buat Dialog yang Penuh Arti

Tulis dialog yang penting dan punya tujuan, langsung pada masalah, langsung menjelaskan, tidak berputar-putar, tidak bertele-tela, dan tidak hambar.

Klimaks pada Novel

Mengarahkan klimaks pada novel yang kamu buat juga termasuk hal penting. Klimaks menjadi titik balik pada cerita dan bagian yang paling dramatis dari cerita.

Klimaks dibuat ketika protagonis memahami apa yang sebaiknya dilakukan, atau menyadari tindakan terbaik yang seharusnya diambil. Ketegangan yang mengganggu protagonis mengharuskannya mengambil tindakan terbaik, yang berujung pada konflik akhir atau klimaks.

Baca novel AMHI

Wah, ternyata tidak sulit ya untuk membuat novel 😀

Nah, sekarang kamu hanya perlu konsisten aja dalam menulis. Lama kelamaan akan terbiasa dan mengalir dengan sendirinya, jangan takut untuk menungkannya dalam sebuah tulisan. Meski typo bertebaran ditulisan kamu itu wajar aja kok, namanya juga masih pemula. Hihihii.

Jika kamu menyukai artikel ini silahkan untuk membagikannya. Salam hangat Shohibul Kahfi 😀

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Satu komentar di “7 Tips Membuat Novel Dengan Cepat Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas