Apa Itu Kotlin??? | 7 Keunggulan Kotlin

Dalam bahasa pemrograman tentunya kita sudah tak asing lagi dengan bahasa pemograman java yang sering di gunakan para pengembang, baik itu aplikasi maupun website. Tapi apakah Anda tahu apa itu kotlin?. . . Yups, kotlin ini di kembangkan oleh programer asal rusia yang bernama JetBrains, baru baru ini android mendukung secara resmi bahasa pemrograman kotlin pada android studio, hal ini membuat para developer lebih mudah untuk mengembangkan aplikasi mereka, karena kotlin di muat dengan bahasa pemrograman modern dengan perintah-perintah sederhana. Berbeda dengan java yang lebih bnyak memuat bahasa yang rumit hal ini menyebabkan kebingungan bagi developer pemula, beda halnya jika Anda sudah mahir dalam menggunakan bahasa pemrograman java.

apa itu kotlin

 

Bagi developer lebih sedikit kode yang digunakan maka lebih sedikit juga kemungkinan terjadi nya bug. Dengan bahasa pemrograman yang modern dan sederhana Kotlin menjadi alternative untuk mengembangkan sebuah aplikasi android maupun IOS.

Apa itu Kotlin?

Di kutip dari wikipedia, Kotlin adalah sebuah bahasa pemrograman sederhana dengan pengetikan statis yang berjalan ada mesin virtual ataupun menggunakan kompiler LLVM yang dapat pula dikomplikasikan kedalam bentuk kode sumber JavaScript.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kotlin  harus Anda ketahui dalam pemrograman android studio




1.Update Java di Android Relatif Lebih Lambat

Kotlin memiliki sebuah konsep lamda, extention function, funcional on collection,sealed classes, data classes dan konsep-konsep modern lainnya. Bandingkan Java di mana kita harus susah payah ngoprek sendiri agar android bisa memakai Java 8 dan menggunankan konsep-konsep modern tadi. Dengan Kotlin semua itu sudah ada tanpa susah payah.

2.Perusahaan Mulai Mengimplementasi Kotlin

Perusahaan-perusahaan besar seperti Gojek sudah mengimplementasikan Kotlin di project java yang sudah ada. Artinya apa? semakin banyak perusahaan yang mengimplementasikan Kotlin maka kebutuhan akn developer android yang memahami bahasa in akan semakin meningkat.

3.Tidak Sulit Untuk Dipelajari

Kotlin di desain untuk memakai elemen-elemen yang sudah ada dengan perbaikan di bagian tertentu sehingga proses ngoding menjadi lebih mmmenyenangkan. Karena kemudahannya ini di tambah lagi dengan canggihnya android studio, hanya hitungan hari pembaca sudah bisa membuat aplikasi dengan menggunakan bahasa Kotlin.

4.Kotlin Tidak Hanya di Android

Selain pemakaian bahasa Kotlin di android studio nyatanya bisa di pakai di luar itu. Kotlin bisa di pakai untuk membuat aplikasi IOS (melalu kotlin native), juga bisa di akai untuk menulisa JavaScript (melalui kotlin JS). Intinya, karena Kotlin memiliki interoperability 100% dengan Java, maka apapunyang bisa menggunakan Java bisa menggunakan kotlin.

5.Aman dan NullPointerException

Jika pembaca sudah pernah membuat aplikasi android maka sudah tidak asing lagi dengan NullPointerException (NPE). Exception ini biasa nya membuat depelover frustasi karena membuat aplikasi Crash. Saat kita membuat apliaksi android dengan menggunakan kotlin, compiler akan mendeteksi adanya kemungkinan error sbelum membuat aplikasi android (atau saat di run). Dengan begini kita jadi langsung tahu di mana sumber yang nantinya bisa bermasalah. Berbeda dengan Java, dimana tidak ada pemeriksaan seperti itu dari sananya. Kita akan tahu bahwa suatu bagian dimana akan menybabkan NPE saat suatu aplikasi sudahberjalan dan mengalami crash.

6.Terintregasi dengan Android Studio

Di android studio versi 2.3 kita masih harus memasang lugin tambahan untuk android studio akan bisa memakai Kotlin. Tetapi setelah versi 3.0 kotlin sudah langsung di gunakan tanpa harus memasang plugin tambahan.

7.Memiliki Ekosistem yang Sudah Matang

Kotlin sudah melalui tahapan panjang sebelum memasuki versi stabil 1.0 sejak tahun 2016 yang lalu. Itu artinya, bahasa pemrograman Kotlin adalah bahasa pemrograman yang sudah sangat matang. Bahasa ini tidak dalam bentuk beta apalagi alpha, tapi sudah stable sehingga cocok dipakai untuk production.

Jadi apakah pembaca sudah paham mengenai apa itu kotlin? cukup yakin untuk belajar Kotlin di tahun 2020 ini? Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Silahkan tinggalkan balasan di dalam kolom komentar dan jangan lupa untuk di share artikel ini, kedepan nya Admin akan bahas tuntas tentang bahasa pemrograman Kotlin.

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas