Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Perlu Anda Pahami Apa Itu SEO?

Apa itu SEO? SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, dan tidak ada yang benar-benar mistis tentang hal itu. SEO adalah proses terukur, berulang yang digunakan untuk mengirim sinyal ke mesin pencari bahwa halaman Anda layak ditampilkan dalam indeks Google.

apa itu seo

Untuk memahami tetntang apa itu SEO Anda harus belajar dengan para pakarnya. seperti forum-forum yang tersedia di internet. Itu akan sedikit menambah pengetahuan Anda tentang apa itu SEO.

 

Pada dasarnya Google menggunakan rumus matematika yang rumit yang disebut algoritma untuk memberikan skor pada setiap situs web dan setiap pencarian orang yang dilakukan di Google untuk mencari tahu situs web mana yang terbaik untuk apa yang dicari orang.

 

Pikirkan algoritma seperti kumpulan ember kosong. Satu ember memberi Anda skor untuk kualitas situs Anda, satu ember memberi Anda skor untuk berapa banyak situs yang terhubung dengan Anda, satu ember memberi Anda skor untuk seberapa banyak orang mempercayai Anda. Tugas Anda adalah mengisi lebih banyak ember dalam algoritme daripada situs web lainnya.

 

Anda dapat memengaruhi peringkat mesin pencari Anda dengan memiliki skor tertinggi dalam hal kualitas situs Anda, memiliki skor tertinggi dalam hal otoritas situs web Anda, memiliki skor tertinggi dalam hal toko paling tepercaya untuk pencarian yang dilakukan orang-orang mencari.





 

Hal baiknya adalah ada ratusan ember, dan untuk setiap ember ini, skor ini disatukan dalam algoritme untuk mengetahui di mana peringkat Anda merupakan peluang bagi Anda untuk mengisinya dan memberi peringkat yang lebih baik. Jadi mengoptimalkan situs Anda untuk hasil pencarian benar-benar berarti mendapatkan skor tertinggi dalam sebanyak mungkin poin-poin ini.

 

Sekarang, beberapa ember bernilai lebih dari yang lain, dan tiga ember utama yang perlu Anda perhatikan untuk peringkat pencarian adalah kualitas, kepercayaan, dan otoritas. Sangat berkualitas: apa yang Google coba ukur ketika mereka mencoba untuk menentukan peringkat situs apa yang menawarkan sesuatu yang berharga atau unik atau menarik bagi pencari Google. Misalnya: konten yang bagus — jika Anda menjual t-shirt dan Anda menggunakan deskripsi yang sama yang digunakan oleh setiap penjual t-shirt lainnya di situs web mereka, maka Anda tidak menawarkan sesuatu yang unik untuk pencari Google.

 

Meskipun t-shirt Anda mungkin terlihat sangat keren, kontennya sama dengan yang lainnya, jadi Google tidak dapat mengatakan bahwa t-shirt Anda atau situs t-shirt Anda lebih baik daripada yang lain. Alih-alih, tawarkan orang konten yang menarik.

 

Misalnya: menawarkan mereka kemampuan untuk mempersonalisasi t-shirt mereka. Beri mereka informasi tentang cara mencucinya. Berapa jumlah utasnya? Apakah tahan noda? Apakah ini sesuatu yang harus Anda kenakan di musim panas atau lebih berat untuk musim dingin?

 

Beri orang informasi, atau bahkan lebih kreatif. Buat orang-orang membagikan foto diri mereka mengenakan t-shirt. Buat komunitas orang yang tertarik dengan produk Anda. Dapatkan orang terkenal untuk memakainya dan membagikan gambar itu secara online. Lakukan sesuatu yang berbeda, lakukan sesuatu yang unik. Tunjukkan pada Google bahwa Anda berbeda dan lebih baik daripada hasil pencarian lainnya.

 

Kepercayaan adalah ember penting lain yang perlu Anda waspadai saat Anda mencoba membuat situs Anda diurutkan di Google. Google tidak ingin menampilkan sembarang situs web kepada pencari itu, ia ingin menunjukkan situs web terbaik kepada para pencari, dan karenanya ingin menunjukkan situs yang dapat dipercaya.

 

Satu hal yang Google suka lakukan adalah menghukum situs atau toko atau perusahaan yang secara konsisten memiliki ulasan buruk, jadi jika Anda memiliki banyak ulasan buruk, pada saatnya Google akan mencari tahu untuk tidak menampilkan situs Anda di peringkat mereka karena Google tidak Saya tidak ingin menampilkan situs-situs tersebut kepada pencari mereka.

Jadi buktikan kepada algoritma Google bahwa Anda dapat dipercaya. Dapatkan situs web lain yang sangat resmi untuk ditautkan ke Anda. Dapatkan artikel surat kabar, dapatkan tautan industri, dapatkan situs tepercaya lainnya untuk ditautkan ke Anda: mitra, vendor, pelanggan yang senang — minta mereka untuk menautkan ke situs web Anda untuk menunjukkan bahwa Anda sangat kredibel dan dapat dipercaya.

 

[Baca Juga : 5 Langkah Membuat Tampilan Web Anda Menarik]

 

Dan akhirnya, ember lain yang sangat penting adalah otoritas. Google ingin menampilkan situs yang populer. Jika mereka dapat menunjukkan penjual kaos paling populer kepada orang yang ingin membeli kaos online, itulah situs yang ingin mereka tunjukkan. Jadi, Anda harus meyakinkan Google – mengirimi mereka sinyal bahwa situs Anda adalah situs paling populer untuk jenis kaos yang Anda jual.

 

Isi ember ini dengan membangun basis penggemar. Bangun jejaring sosial, buat orang-orang untuk menautkan Anda, buat orang-orang membagikan halaman kaus Anda di jejaring sosial mereka dengan mengatakan ‘Saya ingin ini!’, Buat orang-orang berkomentar, tinggalkan testimonial, perlihatkan gambar diri mereka mengenakan produk atau menggunakan produk, Buat basis penggemar dan kemudian mengumpulkan mereka untuk menautkan ke Anda dan berbicara tentang Anda. Begitulah cara Anda membuktikan kepada Google bahwa Anda dapat dipercaya dan berwibawa.

 

Jadi, jika Anda memikirkannya, SEO sebenarnya hanyalah proses membuktikan ke mesin pencari bahwa Anda adalah situs terbaik, situs yang paling otoritatif, paling tepercaya, paling unik dan menarik yang dapat mereka tawarkan kepada pelanggan mereka – pencari. Buat orang lain berbicara tentang Anda, menghasilkan konten berkualitas baik, membuat orang lain menautkannya kepada Anda, dan Google akan lebih yakin bahwa Anda adalah hasil terbaik yang bisa mereka tawarkan kepada pencari mereka, dan saat itulah Anda akan mulai memberi peringkat pada halaman pertama Google.

 

Bagaimana? Apakah Anda sedikit belajar dari artikel ini? tentunya itu pasti karena di artikel tentang apa itu SEO ini adalah dasr utama untuk melanjutkan ketahap yang lebih detail lagi.

 

So jangan lupa untuk share artikel ini agar apa yang Anda ketahui juga berguna untuk orang-orang di sekitar Anda.

Thanks for subscribing.

Source

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

3 komentar di “Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas