Apa Manfaat Backlink Pada SEO

Pada umumnya manfaat backlink pada SEO (Search Engine Optimization) memiliki peranan penting dalam meningkatkan populeritas dalam SERP  (Search Engine Result Page) google. Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya 7 Cara Membuat Artikel yang Disukai Google.

Kenapa backlink memegang setengah dari populeritas sebuah web? 

“Ada tiga elemen yang efektif untuk SEO, yaitu: komunikatif, informasi yang berguna, dan backlink yang berkualitas”

SEO Refugee

Jenis Backlink

1. One way backlink

one way backlink adalah sebuah sistem backlink, dimana alamat url backlink dipasang kedalam sebuah website dan tidak perlu menyertakan ulang di halaman lain website yang bersangkutan. Pada prakteknya, one way backlink bisa dilakukan dengan cara memasukkan alamat url ke comment blog, social bookmark, dan signature forum.

2. Reciprocal backlink

Meskipun reciprocal backlink terlihat lebih rumit, backlink yang bisa dilakukan dengan cara direktori submit atau tukar link ini bisa menjadikan website Anda cepat berada di posisi teratas halaman pencarian. Dengan memasang backlink jenis ini, user yang mengakses internet akan meyakini bahwa website Anda termasuk website yang bisa dipercaya.

Apa Manfaat Backlink Pada SEO ???

 

Manfaat Backlink Pada SEO

Alasan kenapa backlink masih memiliki peranan penting untuk SEO adalah karena keberadaannya mampu membuat sebuah website berada dalam peringkat atas pencarian. Anda hanya butuh 1 backlink dari situs web yang memiiliki (Domain Authority) DA dan (Page Authority )PA dengan nilai rank yang bagus.

(Domain Authority) DA dan (Page Authority) PA ini merupakan sebuah penanda yang menunjukan kepada kita seberkualitas apa sih website atau blog pribadi kita maupun teman-teman kita di search engine.

Anda wajib mengetahui apa itu DA dan PA sebelum anda belajar manfaat baclink pada SEO dan bagaimana cara menerapkannya dalam situs website Anda.

Apa itu Domain Authority (DA)?

Domain authority atau DA dalam suatu website mengacu pada kekuatan domain yang dimiliki oleh website atau blog Anda. Kekuatan DA suatu website maupun blog berdasarkan oleh faktor usia, populatiras, dan ukuran dari domain Anda.

semakin besar DA website atau blog maka akan semakin bagus posisi atau peringkat Anda dalam SERP.

Apa itu Page Authority (PA)?

Page authority atau PA adalah gambaran rangking pada website maupun blog Anda yang dilihat atau ditemukan di mesin pencarian.

Range angka pada page authority biasanya dari 0 sampai dengan 100, semakin tinggi nilai PA blog atau website tersebut, maka kemungkinan untuk dapat muncul di search engine sangatlah tinggi.

Tidak hanya itu saja, angka-angka ini juga berkaitan dengan relevansi konten pada website maupun blog dan juga linknya pada halaman yang satu dengan yang lain.

Dapatkan Backlink Berkualitas

Faktor backlink pada 10 halaman website teratas

Berikut adalah hal yang bisa Anda contoh;

  • 2.080 Vasibilitas SEO dari url backlink
  • 1.718 Jumlah domain yang memiliki tautan ke homepage
  • 1.352 Backlink
  • 6% Persentasi jenis url nofollow dari backlink
  • Jumlah yang seimbang antara backlink ke homepage dan ke halaman lainnya (deeplink) FAKTA! 29% backlink adalah tautan ke homepage dan sisanya adalah deeplink.
  • Sebagian besar teks tautan dari website yang sukses umumnya berupa nama domain dan atau nama brand.

Dan Hindari Kata kunci pada teks tautan. FAKTA! Penggunaan teks tautan yang mengandung kata kunci jumlahnya menurun dan hanya tinggal sekitar 13% saja.

Gunakan Media Sosial

Gunakan media sosial untuk membantu SEO Anda. Perhatikan fakta-fakta berikut ini terkait dengan media sosial untuk SEO.

Manfaatkan media sosial

Respon Rata-rata untuk 10 Halaman Website Peringkat Teratas di Media

  • Pinterest 36
  • Google plus 143
  • Twitter 162
  • FB Share 1.690

Buat konten yang baik lalu bagikan ke sosial media Anda, FAKTA! Bagi mesin pencari: likes, shares, tweets, google +1, dan lain-lain adalah tanda konten yang baik

Hindari menggunakan media sosial hanya untuk meningkatkan peringkat website. FAKTA! Meskipun media sosial tidak terlalu signifikan mempengaruhi peringkat website Anda. Namun pengaruhnya masih cukup tinggi meskipun makin menurun sejak 2013.

Memaksimalkan Website

Fakta Tentang Zero Moment of Truth

54% konsumen di Indonesia melakukan pencarian informasi di internet sebelum memutuskan untuk membeli. Dengan demikian jelaslah bahwa jika produk atau layanan yang kita miliki tidak berada di internet, kita akan kehilangan lebih dari separuh calon konsumen.

Baca juga : Cara Membuat WordPress Super Cepat 2020 | Speed Insights

Cara yang paling mudah untuk “berada di internet” adalah dengan memiliki website. Namun apakah memiliki website saja sudah cukup? Jawabannya adalah TIDAK! Mengapa? Memiliki website tidak menjamin Anda memenangkan persaingan bisnis, karena pesaing-pesaing Anda pun menggunakan cara yang sama.

Jadi apa yang harus Anda lakukan?

Perhatikan Konten Website Anda

“Dalam teknologi pencarian, ada dua hal yang penting: keterkaitan (relevance) dan seberapa penting konten tersebut!”

Jadi bagaimana cara agar konten Anda cemerlang di mata calon pelanggan dan baik untuk SEO?

  • Konten Anda harus menarik dan meninggalkan kesan
  • Konten Anda harus relevan alias terkait dengan produk Anda
  • Konten Anda harus penting untuk diketahui

Manfaatkan 5 Detik Pertama yang Sangat Berharga

“Pengunjung website hanya punya waktu dekitar 5 detik untuk menentukan apakah mereka akan meninggalkan website Anda atau tidak”

Lima detik pertama adalah waktu yang krusial untuk menarik perhatian pengunjung website. Maka, pastikan maksud atau fokus website Anda dapat diketahui oleh pengunjung website Anda hanya dalam waktu lima detik pertama saja.

Jika dalam 5 detik, pengunjung website tidak paham apa yang Anda tawarkan, besar kemungkinan mereka akan meninggalkan website Anda.

“Semakin familiar kita dengan sesuatu, maka semakin mudah kita akan menyukainya. Sesungguhnya ini hanyalah efek dari mudah atau tidaknya sesuatu dipahami” (Zajonc, 1968)

 

 

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas