5 Tips Belajar Bisnis Online Lengkap Untuk Pemula

Belajar Bisnis Online

Di era Digitalisasi ini banyak pelaku bisnis memanfaatkan internet sebagai jalur bisnis dan mengembangkan-nya, bagi kamu yang masih pemula dalam bidang bisnis online kali ini mimin akan share panduan belajar bisnis online lengkap untuk kamu secara GRATISS!.

Dalam pembelajaran bisnis online ini tidak berpengaruh kepada usia, semua orang dapat belajar bisnis online seperti pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga dan lainnya.

Oleh karena itu teruntuk kamu yang masih awam di dunia bisnis online, mimin akan definisikan sedikit di sini agar kamu tidak terlalu bingung dalam belajar bisnis online pemula dan dapat melanjutkan ke tahap yang lebih serius untuk mengembangkan bisnis onine kamu.

1.Apa itu bisnis Online ?

Bisnis online segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet).

Pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online.

Aktivitas bisnis online ini bisa meliputi kegiatan jual beli online, maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis lainnya yang bisa kita temukan di online di berbagai bidang industri.

Semua orang bisa saja memulai bisnis online.

Menurut mimin sih, Bisnis Online sama halnya dengan bisnis yang ada di pasar tradisional.

Namun yang membedakan nya yaitu cara bisnis itu sendiri mulai dari tempat dan sarana yang di pakai, contoh-nya seperti transaksi, tempat, produk dan sebagainya.

2.Jenis Bisnis Online ?

Untuk belajar bisnis online  kamu harus tau dulu jenis – jenis bisnis nya, sehingga kamu bisa mengambil tipe bisnis apa yang akan kamu jalankan.

Kegiatan bisnis online ini bisa diwujudkan dalam berbagai jenis (wujud tampilan di internet).

Antara lain berbentuk:

  • Website
  • Toko online atau marketplace
  • Blog
  • Akun sosial media

Hosting Unlimited Indonesia

 

3.Apa Sih Manfaat Dan Tantangan Bisnis Online?

Bisnis Online memiliki potensi yang sangat besar untuk bisnis kamu, namun kamu harus memahami dasar – dasar dan formula rahasianya.

Baca di sini “5 Rahasia Jualan Online Pengusaha Sukses”

Manfaat diantaranya adalah;

  • Hemat biaya sewa tempat dan karyawan
  • Produknya fleksibel, bisa banyak macam
  • Kemudahan akses lewat internet, kapan saja dan dari mana saja, 24 jam 7 hari seminggu

Tantangan yang  harus kita hadapi, antara lain;

  • Membutuhkan kemampuan teknis mengenai website dan internet
  • Pengeluaran biaya untuk gadget, perangkat komputer, dan software pendukung
  • Resiko penipuan online

4.Pahami Teknologi

Pahami cara menggunakan komputer dan beberapa software pendukungnya, serta cara memanfaatkan internet dengan baik dan benar, akan sangat membantu dalam menjalankan bisnis online.

Teruslah untuk  belajar bisnis online dan tetap berusaha.

Sekarang udah banyak kok tips- tips mengembangkan bisnis online buat kamu di internet.

Langkah selanjutnya ini sangat penting buat kamu, oh iya mimin akan sangat berterima kasih buat kamu yang udah share artikel Belajar Bisnis Online ke temen – temen kamu.

Lanjut….

5.Belajar Bisnis Online – Strategi Online Marketing

Selanjutnya yang perlu kamu pahami dalam belajar bisnis online  adalah Strategi Marketing.

miminn hanya akan bahas sedikit point penting disini ya, untuk lengkap nya akan mimin bahas di next artikel mimin belajar bisnis online tahap 2.

Ok langsung aja ke point utama yang harus kamu perhatikan yaitu;

Hosting Unlimited Indonesia

Fokus kepada konsumen

Dalam bisnis apapun, konsumen harus selalu menjadi prioritas.

Pastikan dirimu sendiri bahwa kamu bisa memahami apa saja yang diinginkan konsumenmu.

Mulailah dengan menanyakan beberapa pertanyaan seputar bagaimana konsumenmu pertama menemukan brand milikmu dan bagaimana pengalaman mereka dengan brand-mu.

Selain itu, kamu juga bisa membuat buyer persona. Secara singkat, buyer persona adalah karakter yang menjadi konsumen ideal bagi produkmu.

Untuk menciptakan buyer persona, kamu bisa memulainya dengan menentukan status demografinya seperti umur, pendidikan, bidang pekerjaan, dan sebagainya, serta apa yang mereka ingin dan butuhkan dari produk yang kamu tawarkan.

Kita lanjut ke point penting belajar bisnis online ….

Ikuti Conversion Funnel

Jika kamu sudah memahami pola pikir konsumen, buatlah diagram yang disebut dengan Conversion Funnel. Diagram ini adalah salah satu konsep penting dalam online marketing. Bentuk funnel sendiri bisa berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan.

Conversion funnel merupakan pengembangan dari AIDA model atau dikenal sebagai purchase funnel, yang merupakan bagian dari marketing tradisional.

  • Awareness – Konsumen menyadari atau mengetahui adanya suatu jenis produk barang atau jasa.
  • Interest – Konsumen mulai menunjukkan ketertarikan kepada produk barang atau jasa tersebut.
  • Desire – Konsumen mulai memiliki keinginan untuk membeli produk barang atau jasa tersebut.
  • Action – Konsumen mengambil langkah selanjutnya untuk membeli barang atau membayar jasa.

 

Berdasarkan AIDA model di atas, kita bisa membentuk conversion funnel untuk online marketing. Conversion funnel memiliki bentuk yang berbeda-beda, tergantung pada keperluan sebuah perusahaan. Salah satu contoh dari conversion funnel adalah diagram di bawah ini:

 

  • Awareness – Pada tahap awal, konsumen menyadari atau mengetahui adanya suatu jenis produk barang atau jasa.
  • Consideration – Di tahap ini, konsumen menunjukkan ketertarikan kepada produk yang tawarkan dan mulai berpikir untuk membelinya.
  • Conversion – Ini merupakan tahap yang penting di mana konsumen yang tadinya hanyalah calon konsumen atau potential consumer akhirnya membeli produk, menjadikan mereka sebagai konsumenmu. Ini bisa dilakukan dengan memberi informasi kepada mereka agar mengenal produk lebih dalam.
  • Loyalty – Di tahap ini, konsumen diharapkan menjadi pelanggan setia dari bisnismu.
  • Advocacy – Pada tahap ini, konsumen diharapkan memberi tahu orang lain mengenai produk yang kamu tawarkan sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli darimu.

Dari kedua model di atas, kamu bisa melihat bahwa semua funnel memiliki tujuan yang sama, yaitu:

  • Mengenalkan produk kepada sebanyak mungkin calon konsumen
  • Membangun ketertarikan bagi calon konsumen
  • Memberikan informasi kepada calon konsumen agar mereka memiliki keinginan kuat untuk membeli produk barang atau jasa yang kamu tawarkan.
  • Calon konsumen menjadi konsumen tetapmu dan membeli produk barang atau jasa dari brand-mu.

Dengan memiliki conversion funnel, kamu dapat menyusun strategi online marketing dengan lebih baik dan matang. Sesuaikan aktivitas online marketing-mu dengan susunan conversion funnel sehingga tidak ada langkah yang terlewatkan.

Gunakan content marketing untuk berhubungan dengan konsumen

Dalam belajar bisnis online , content marketing berperan besar dalam membangun hubungan dengan konsumen dan calon konsumen. Selain itu, content marketing juga berperan dalam meningkatkan brand awareness bisnismu agar orang-orang mengetahui keberadaan bisnismu.

Content marketing yang baik harus dimulai dengan sebuah konsep cerita yang menarik bagi konsumen. Storytelling untuk content marketing bisa menyulitkan untuk ditulis karena content marketing tidak boleh berperan sebagai media untuk menjual produk yang kamu tawarkan, melainkan untuk memperkenalkan brand-mu kepada publik. Selain itu, kamu juga bisa mengukuhkan diri sebagai ahli di bidangmu melalui content marketing.

Content marketing tidak hanya dalam bentuk tulisan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat content marketing yang menarik bagi calon konsumen, misalnya video. Selama video yang kamu buat relevan dengan produkmu, mereka boleh bersifat menghibur atau mengedukasi. Konten-konten seperti ini juga dapat membantumu untuk  meningkatkan brand awareness.

Hosting Unlimited Indonesia

Selain video, e-book atau buku elektronik adalah jenis content marketing lain yang bisa kamu buat. Kamu bisa merilis buku elektronik di website-mu. Infografik juga bisa menjadi jenis content marketing yang kamu gunakan untuk menjelaskan topik-topik yang kompleks.

Infografik membantu membahas sebuah topik yang kompleks secara simpel sehingga mudah dimengerti. Jenis content marketing lain yang mungkin tertarik untuk kamu coba adalah Webinar. Secara singkat webinar merupakan versi online dari seminar. Biaya yang dibutuhkan tidaklah terlalu banyak dan webinar juga bisa diakses oleh banyak orang dari mana saja. Kamu bisa mengundang expert untuk menjadi salah satu pembicara di webinar yang kamu adakan.

 

Social media marketing

Belajar bisnis online menggunakan Social media sangat  berpengaruh untuk memasarkan produk kita agar di kenal banyak orang sehingga mendatangkan omset dan pelanggan – pelanggan baru.

Yang dimaksud dengan social media marketing tidak sekadar memiliki sebuah halaman Facebook atau akun Twitter. Diperlukan strategi untuk memasarkan bisnis dengan menggunakan media sosial. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat ketertarikan konsumen idealmu terhadap sesuatu di media sosial. Setelah itu, kamu bisa memilih media sosial mana yang paling efektif utnuk digunakan sebagai sarana pemasaran bisnismu.

Untuk social media marketing, kamu boleh menggunakan analytic tools untuk membantumu memantau statistik media sosial yang kamu gunakan. Berdasarkan hasil analisa, kamu juga akan bisa terus mengoptimasi dan memperbaiki strategi media sosial pemasaranmu.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah manfaatkan visual di media sosial. Jarang orang yang mau membaca banyak text, terutama di platform seperti Instagram dan Twitter. Ingat bahwa kebanyakan orang menggunakan social media untuk terhubung dengan teman-temannya, mencari photo, dan mencari hal-hal entertaining lainnya. Pastikan bahwa konten social media Anda entertaining dan terintegrasi dengan konten Anda yang lain, seperti blog dan video. Jika digabungkan, mereka bisa meningkatkan traffic.

Salah satu keuntungan dari menggunakan social media adalah social media memperbolehkan Anda berinteraksi langsung dengan konsumen Anda. Pastikan post anda di social media dapat membuat konsumen dan followers Anda terlibat. Share dan retweet di social media sangatlah berarti karena mereka membantu memberikan free exposure untuk perusahaan Anda. Selain itu, manfaatkan social media untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen Anda. Dengarkan apa yang konsumen Anda sampaikan melalui social media. Manfaatkan itu untuk meningkatkan brand experience agar sesuai dengan keinginan mereka.

Terima kasih udah mampir masih ada banyak materi belajar bisnis online  yang akan mimin bahas..

Nantikan artikel selanjutnya ya…

Mimin bagi-bagi ebook gratis buat kamu ni…

Cek di sini….

 

 

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Satu komentar di “5 Tips Belajar Bisnis Online Lengkap Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas