Cara Membuat Sinopsis Novel

Sebelumnya Soib telah membahas tentang Pengertian Sinopsis Novel dan kamu telah memahaminya, sekarang waktunya membuat sinopsis novel yang menarik. Dalam membuat sinopsis novel kamu perlu memenuhi kelengkapan unsur – unsur dari cerita pada umumnya. Unsur cerita yang perlu disertakan dalam sinopsis novel yaitu seperti tokoh/karakter, latar, konflik, dan ending.

Membuat Sinopsis Novel

Sebelum membuat sinopsis novel, kamu perlu perhatikan hal berikut.

  • Memahami keseluruhan jalan cerita yang akan dibuat sinopsis.
  • Memperhatikan poin penting dalam cerita.
  • Dialog cerita hanya perlu disampaikan dengan ulasan isi dialognya saja.

Setelah memahami poin di atas selanjutnya kita masuk ke langkah – langkah membuat sinopsis novel.

Menyertakan Alur Cerita dalam Sinopsis Novel



Sinopsis sebuah cerita berguna untuk pembaca mendaptkan gambaran dari isi jalan cerita. Sehingga, penyampaian alur dalam sinopsis perlu diperhatikan.

Sinopsis perlu memiliki konflik utama yang menjadi jalannya sebuah cerita. Selanjutnya, kamu perlu memperlihatkan penyelesaian sedikit gambaran dari konflik cerita. Penyampaian akhir cerita ini perlu kamu buat dengan cara yang semenarik mungkin, supaya pembaca mempunyai ketertarikan untuk membaca keseluruhan isi cerita.

Menyertakan keunikan cerita

Keunikan cerita ini tentu saja memiliki nilai tambah dalam sebuah cerita, pembaca cenderung menyukai sebuah cerita yang unik dan tidak klise. Sehingga, keunikan dari sebuah cerita novel perlu disampaikan dalam sebuah sinopsis. Sampaikan poin unik dari naskah cerita yang telah ditulis dalam sinopsis.

Tentukan tema dan poin penting cerita

Tema dan beberapa poin penting dalam cerita memiliki peranan utama untuk menarik pembaca. Sinopsis perlu dikembangkan melalui poin utama cerita dalam beberapa kalimat. Perhatikan cara penulisan yang baik dan benar.

Memperhatikan isi sinopsis

Isi sinopsis dilarang keras bertentangan dengan isi cerita secara keseluruhan. Gunakanlah kalimat yang tidak bertele-tele dalam sinopsis, sebaiknya kalimat ringkas, padat, dan jelas. Penyusunan kalimat juga harus diperhatikan sebaiknya efektif, jelas dan menarik. Selain itu, gunakan kalimat bahasa yang mudah dipahami.



Beri penjelasan yang jelas pada tokoh dan penokohan

Sebuah cerita sangat erat dengan adanya tokoh dan penokohan. Tokoh – tokoh utama yang terlibat langsung dalam konflik utama perlu diperkenalkan dengan detail. Penjelasan tokoh dan penokohan meliputi siapa saja yang menjadi tokoh protagonis, antagonis, atau tritagonis. Penokohan dalam sinopsis juga perlu memperlihatkan watak dari tokoh utama. Dengan cara demikian pembaca akan lebih tertarik dengan isi cerita secara keseluruhan.

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Satu komentar di “Cara Membuat Sinopsis Novel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas