6 Cara Baru Menambahkan Link Nofollow di WordPress

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menambahkan link nofollow di WordPress? Saat Anda menautkan ke situs web eksternal, mesin pencari meneruskan sebagian kecil otoritas tautan dari situs web Anda ke situs web lain.

Di artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu link nofollow, dan bagaimana Anda dapat menambahkan link nofollow di pos, halaman, dan menu navigasi WordPress.

Apa itu Link Nofollow?

Link nofollow adalah jenis tautan yang memberi tahu mesin pencari untuk tidak meneruskan otoritas tautan apa pun dari laman Anda ke situs web lain yang Anda tautkan. Anda dapat mengubah tautan apa pun menjadi tautan nofollow dengan menambahkan atribut tautan berikut: rel = ”nofollow”.

Tautan atau tautan balik merupakan faktor yang menunjang ranking suatu web di mesin pencari yang penting.

Beberapa pakar SEO percaya bahwa dengan membuat tautan eksternal nofollow, situs web mereka sendiri akan berperingkat lebih tinggi.

Bagaimana cara memeriksa apakah link tersebut no follow?

Semua link nofollow harus mengandung atribut HTML rel = “nofollow”.

Berikut ini contoh kode HTML dari tautan nofollow:

<a href="https://example.com" rel="nofollow">Google</a>

Untuk memeriksa apakah atribut nofollow ditambahkan ke tautan di situs web, Anda perlu membawa mouse ke tautan itu, klik kanan, lalu pilih Inspect di browser Anda.

 

Jendela browser Anda sekarang akan dibagi menjadi dua bagian.

Di jendela bawah, Anda akan dapat melihat kode sumber HTML tautan bersama dengan atribut nofollow.

Kapan Anda Harus Menambahkan Tautan Nofollow?

Sebagai praktik terbaik, Anda harus menambahkan nofollow ke semua situs web eksternal yang tidak Anda percayai.

Saat Anda menautkan ke situs web otoritas seperti Wikipedia, WPBeginner, New York Times, dll gunakanlah link tanpa atribut nofollow karena menautkan ke situs otoritas membantu Anda menambah kredibilitas ke situs web Anda sendiri.

Namun kami selalu menyarankan pengguna untuk tidak mengikuti situs web atau situs web yang kurang kredibel yang tidak Anda percayai.

Berikut ini adalah beberapa kasus ketika Anda harus selalu menambahkan atribut nofollow ke tautan:

1. Afiliasi dan Tautan Sponsor

Kebanyakan blogger menghasilkan uang secara online menggunakan pemasaran afiliasi.

Tautan afiliasi adalah pelacakan tautan untuk produk dan layanan yang Anda rekomendasikan dan dapatkan komisi rujukan jika seseorang membeli melalui tautan afiliasi Anda.

Baik Anda menggunakan tautan afiliasi langsung atau menyamarkannya menggunakan Pretty Links, Anda harus selalu menambahkan atribut nofollow ke tautan afiliasi.

Cara populer blogger lainnya menghasilkan uang adalah dengan menambahkan tautan sponsor. Anda harus selalu menambahkan nofollow ke tautan sponsor karena jika tidak, mesin pencari dapat menganggap situs Anda sebagai tautan penjualan / spam.

2. Tautan Eksternal

Terkadang, Anda dapat menautkan ke sumber eksternal untuk memberikan referensi ke pernyataan Anda. Karena Anda tidak mengontrol konten di situs web tersebut, Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan atribute no follow.

Dengan kata-kata sederhana, Anda memberi tahu mesin pencari bahwa Anda menautkan ke suatu sumber, tetapi itu bukanlah sesuatu yang dapat Anda yakini.

3. Tautan Sidebar

Beberapa blogger menambahkan daftar tautan eksternal atau afiliasi ke sidebar blog WordPress mereka. Tautan eksternal ini dapat dari situs otoritas atau situs web yang mereka percayai.

Masalahnya adalah setiap kali halaman baru dibuat di situs Anda, Anda membuat backlink baru untuk situs web tersebut dari sidebar Anda.

Sangat penting untuk membuat tautan ini nofollow.

Cara Menambahkan Link Nofollow di WordPress (Gutenberg)

Karena Gutenberg adalah editor konten WordPress baru, plugin nofollow lama untuk WordPress belum kompatibel dengannya.

Saat ini, satu-satunya cara untuk menambahkan link nofollow di Gutenberg adalah dengan melakukannya secara manual.

Mari kita lihat proses langkah demi langkah tentang cara menambahkan link nofollow di posting atau halaman WordPress dengan Gutenberg.

Pertama

Anda harus pergi ke Posts »Add new dari sidebar kiri panel admin Anda.

Pada halaman ini, Anda perlu memilih teks yang ingin Anda tambahkan tautan, dan kemudian klik ikon “jangkar / tautan”.

 

Ini akan membuka bidang teks tepat di bawah teks yang dipilih. Anda dapat menempelkan tautan eksternal langsung di dalam kotak.

Jika Anda ingin tautan terbuka di tab baru, maka Anda perlu mengklik ikon panah bawah. Ini akan membuka menu di mana Anda harus mengklik “Open New Tab”.

 

Setelah selesai, Anda dapat mengklik pada ikon apply atau Enter untuk menambahkan tautan. Untuk menambahkan atribut nofollow ke tautan Anda, Anda harus memilih blok yang berisi tautan Anda dan kemudian klik pada 3 titik vertikal yang ada di bar bagian atas.

 

Ini akan membuka menu tempat Anda perlu mengklik opsi Edit as HTML. Anda sekarang akan melihat kode HTML tautan Anda. Silakan menambahkan atribut rel = “nofollow” ke elemen tautan.

 

Jika Anda melihat atribut rel = “noopener noreferrer” dalam kode HTML, kemudian tambahkan spasi setelah noreferrer dan tempelkan nofollow setelah itu.

Setelah selesai, Anda dapat mengklik ikon 3 titik vertikal lagi dan pilih opsi Edit visual untuk kembali ke format visual.

 

Ini akan mengonversi tautan normal Anda ke tautan nofollow. Anda dapat mengikuti proses yang sama untuk menambahkan atribut nofollow ke semua tautan eksternal lainnya.

Cara Menambahkan Link Nofollow di WordPress (Editor Klasik)

Meskipun disarankan untuk meningkatkan ke versi WordPress yang lebih baru, beberapa pengguna masih lebih suka menggunakan Editor Klasik untuk menulis postingan mereka.

Berbeda dengan editor default, Anda dapat dengan mudah menambahkan tautan nofollow di Editor Klasik dengan bantuan plugin.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Title and Nofollow For Links.

Plugin ini berfungsi di luar kotak, dan tidak ada pengaturan untuk Anda konfigurasikan.

Buka Posts » Add New untuk membuat posting baru. Anda perlu menambahkan beberapa teks ke editor posting dan memilih teks yang ingin Anda tautkan. Selanjutnya, klik ikon Tautan yang ada di bilah alat.

 

Setelah itu Anda dapat menambahkan tautan eksternal ke bidang kotak teks di bawah ini dan klik ikon roda gigi untuk membuka opsi Tautan.

Anda akan melihat kotak centang nofollow tepat di bawah opsi “Open Link in a New Tab”.

Silakan pilih kotak centang Tambahkan rel = ”nofollow” ke tautan, lalu klik tombol Perbarui.

 

Ini memungkinkan Anda untuk menambahkan atribut nofollow ke tautan apa pun saat menulis posting. Ini juga berguna untuk pengguna yang tidak percaya dengan mengedit kode HTML.

Sebagian besar blogger memilih kotak centang “Buka tautan di tab baru” juga saat menambahkan tautan eksternal. Ini adalah cara terbaik untuk mengurangi rasio pentalan dan menjaga pengunjung agar tidak meninggalkan situs web Anda.

Baca juga : Cara Meningkatkan Pageview di WordPress

Cara Menambahkan Link Nofollow Secara Manual di WordPress

Anda telah belajar cara menambahkan link nofollow di editor Gutenberg secara manual. Namun, metode itu hanya berguna ketika Anda ingin menambahkan atribut nofollow ke beberapa tautan Anda.

Jika Anda memiliki banyak tautan eksternal dan afiliasi dalam posting Anda, maka Anda harus beralih ke Editor Kode untuk menambahkan atribut nofollow lebih cepat.

 

Cukup, klik pada ikon 3 titik vertikal, yang ada di sudut kanan atas halaman. Ini akan membuka menu dropdown di mana Anda perlu memilih opsi Code Editor.

Anda sekarang akan melihat kode HTML halaman tersebut. Selanjutnya, cari tautan eksternal dan afiliasi kemudian, tambahkan atribut nofollow ke semuanya.

 

Setelah selesai, Anda harus mengklik tautan “Exit Code Editor” untuk kembali ke editor visual.

Jika Anda menggunakan Editor Klasik, maka Anda dapat dengan mudah menggunakan plugin untuk menambahkan tautan nofollow. Namun, Anda juga dapat menambahkan tautan nofollow secara manual.

Untuk melakukan itu, Anda perlu beralih ke Editor Teks dengan mengklik pada tab Teks. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan rel = ”nofollow” ke tautan apa pun yang Anda inginkan.

 

Untuk kembali ke editor visual, Anda harus mengklik pada tab Visual, ditempatkan tepat di samping tab Teks.

Bagaimana cara menambahkan Link nofollow di Menu WordPress?

Beberapa blogger dan pemilik situs dapat menambahkan tautan eksternal ke menu navigasi situs web mereka.

Menambahkan atribut nofollow ke tautan menu WordPress sangat mudah.

Mari kita lihat bagaimana cara menambahkan tautan nofollow di menu navigasi WordPress.

Baca juga : Mengapa Anda membutuhkan CDN untuk WordPress Anda?

Pertama

Anda perlu mengklik Appearance »Menu dari sidebar kiri panel admin Anda.

Selanjutnya, pilih menu tempat Anda ingin menambahkan tautan eksternal dan kemudian klik tombol Pilih untuk membukanya.

 

Setelah itu, Anda perlu mengklik tab “Custom Links” untuk menambahkan teks tautan dan URL tautan eksternal. Setelah selesai, Anda perlu mengklik tombol “Add to Menu” untuk membuat item menu baru.

 

Tautan eksternal sekarang akan muncul di kolom Struktur Menu bersama dengan item menu lainnya. Selanjutnya, klik tombol Opsi Layar di sudut kanan atas layar dan pilih opsi Link Relationship (XFN) dan Link Target.

 

Sekarang gulir kembali ke bawah dan klik ikon panah ke bawah dari item menu baru untuk memperluasnya.
Di sini Anda akan menemukan opsi “Link Relationship” dan “Open link in a new tab”, tepat di bawah kotak teks Label Navigasi.
Untuk menambahkan atribut nofollow, Anda perlu menulis nofollow di kotak teks Link Relationship (XFN). Anda juga dapat mencentang opsi “Open link in a newtab” jika Anda mau.
Terakhir, klik tombol Save Menu untuk menyimpan perubahan Anda. Ini akan menambahkan atribut nofollow ke tautan eksternal di menu WordPress Anda.

Bagaimana cara membuat semua tautan eksternal secara otomatis?

Beberapa pengguna WordPress ingin secara otomatis menambahkan atribut nofollow ke semua tautan eksternal di situs mereka.

Jika Anda masih mencari solusi untuk secara otomatis nofollow tautan eksternal, maka Anda dapat menggunakan plugin External Links.

Itu menambahkan atribut rel = ”nofollow” ke semua tautan eksternal pada posting, halaman, menu navigasi, dan sidebar.

Untuk menginstal plugin External Links, buka Plugins »Add New dari sidebar kiri panel admin Anda.

Setelah aktivasi, Anda harus pergi ke halaman Settings » Eksternal Links.

 

 

Di sini Anda perlu memilih kotak centang “Add No Follow“. Jika Anda ingin tautan eksternal terbuka di tab baru, maka Anda harus memilih kotak centang “Open in New Windows” juga.

Plugin ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan daftar domain dan subdomain yang tidak boleh dibuat nofollow.

Untuk melakukan itu, Anda perlu menggulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan kemudian menambahkan domain, dipisahkan dengan koma atau spasi, ke area teks “Domains to Exclude“.

 

Setelah selesai, Anda harus mengklik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan pengaturan.

Itu saja! Plugin ini sekarang akan membuat semua tautan eksternal nofollow di situs Anda secara otomatis.

Kami harap panduan ini membantu Anda mempelajari cara menambahkan Link nofollow ke situs WordPress Anda.

Jika Anda menyukai artikel ini, Anda  dapat menemukan kami dan Facebook.

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas