Cara Mengatasi Error 404 Pada Web

Pernahkah Anda mengakses sebuah situs web dan menemukan laman error 404? Apakah di situs web Anda terdapat error 404? Jika iya, maka Anda membaca artikel yang tepat. Pada artikel kali ini saya hanya butuh waktu 5 menit Anda untuk memahami dan memperbaiki laman error 404.

Secara teknis memperbaiki error 404 adalah salah satu langkah dari SEO, banyak kasus yang tidak jelas dan susah untuk mengidentifikasi kasalaham itu. baca terus untuk mengetahui apa artinya ini dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya.

Apa itu error 404?

Error 404  terjadi ketika halaman yang diminta oleh pengguna tidak dapat ditemukan atau tidak valid dan server tidak mengembalikan kode kesalahan HTTP yang benar (404 atau 410 tidak ditemukan), namun server mengembalikan kode status HTTP 200 OK (berhasil).

Dengan kata lain, ini berarti sementara halaman tidak valid, alih-alih memberikan mesin pencari kode kesalahan yang benar sehingga mereka mengabaikannya, server Anda mengembalikan 200 kode OK, yang memberi tahu mereka bahwa halaman tersebut valid.

Akibatnya, mesin pencari terus merayapi halaman ini dan mencantumkannya dalam hasil pencarian.

Mari kita lihat apa penyebab paling umum dari error 404.

Kapan Error 404 Akan Muncul?

Anda memiliki halaman yang tidak berisi konten

Ini membuat Google berpikir bahwa halaman tersebut harus mengembalikan kode 404/410 dan bukan 200 kode OK. Contohnya adalah halaman tag kosong yang tidak menampilkan konten.

Ada masalah sementara pada crawling

Ketika Google mencoba meng-crawl halaman Anda, beberapa sumber halaman (CSS, JS) tidak dapat dimuat dan sebagai hasilnya, halaman tersebut tidak memiliki konten dan ini membuat Google berpikir bahwa itu seharusnya 404.

Google secara salah menandai halaman sebagai ‘ 404’ sementara tidak ada yang salah dengan halaman tersebut.

Apakah Penting Memperbaiki Error 404?

Penting untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan soft 404 karena:

Ini praktik yang buruk

Halaman harus mengembalikan kode status HTTP yang benar. Dalam kasus halaman yang hilang, tidak valid, atau tidak ada, halaman tersebut harus mengembalikan 404/410 (tidak ditemukan), atau 301 (dipindahkan) dan bukan 200 (kode sukses).

pengalaman pengguna yang buruk

Anda tidak ingin pengguna mengeklik tautan dari hasil mesin pencari dan mendapatkan laman error 404 situs web. Itu akan menjadi pengalaman yang kurang mengasikan bagi penunjung situs web Anda.

Apa peran Kode Status HTTP?

Jika Anda bingung tentang apa itu kode status HTTP dan apa perannya, yang perlu Anda ketahui adalah bahwa itu cara untuk membantu perayap memahami apakah permintaan mereka untuk mengambil halaman adalah keberhasilan, kegagalan atau hal lain.

Setiap kali halaman web diakses oleh perayap mesin pencari, hal pertama yang mereka periksa adalah kode status HTTP. Kode respons HTTP adalah angka 3 digit yang memberi tahu mesin pencari jika halaman tersebut valid (kode 200), tidak ditemukan (404/410) atau dipindahkan (301).

Kode status termasuk dalam tajuk halaman dan hanya dapat dilihat oleh perayap dan bukan untuk pengguna.

Error 404 dan SEO

Apakah error 404 mempengaruhi SEO dan potensi peringkat Anda? Tergantung kasusnya.

Ada kasus yang valid di mana 404 halaman normal dan expected. Misalnya, ketika suatu produk tidak lagi tersedia, Web Anda dapat menampilkan halaman 404 kepada pengguna untuk memberi tahu mereka bahwa produk tertentu hilang secara permanen.

Contoh lain adalah ketika Anda ingin menghapus halaman sepenuhnya dari hasil pencarian. Dengan mengembalikan kode status 404, Anda memberi tahu mesin pencari bahwa halaman itu dihapus secara permanen.

Dalam kasus tersebut, lebih baik untuk menyelidikiya mengapa kesalahan itu terjadi dan memperbaikinya.

Bagaimana Menemukan Error 404?

Cara paling andal untuk menemukan 404 kesalahan adalah melalui Google Search Console dan khususnya Coverage Report danURL Inspection tool.

Jika Anda belum melakukannya, langkah pertama adalah mendaftarkan situs web Anda ke Google. Ini akan memberi Anda akses ke sejumlah fitur untuk meningkatkan SEO Anda.

Coverage Report

  1. Masuk ke konsol pencarian Google
  2. Selanjutnya, klik COVERAGE di bawah INDEX untuk melihat COVERAGE REPORT.

cara-mengatasi-error-404-01 (1)

Pastikan bahwa tab ERROR dipilih dan cari item berikut:

  • Submitted URL Seems to Be a Soft 404
  • Soft 404
  • Not Found (404)

Klik pada deskripsi error untuk mendapatkan detail lebih lanjut tentang halaman yang terpengaruh.

URL Inspection Tool

Cara lain untuk menemukan kode respons status HTTP adalah dengan menggunakan alat Inspeksi URL.

cara-mengatasi-error-404-02

Masukkan URL ke dalam URL Inspection tool dan klik enter.

Klik pada VIEW CRAWLED PAGE dan kemudian MORE INFO.

Anda akan melihat Respons HTTP seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di atas.

Submitted URL Seems to Be a Soft 404

Mengenai soft 404 Anda dapat membacanya lebih lanjut.

Apa perbedaan antara “Submitted URL seems to be a soft 404” dan “Soft 404”?

Sebelum halaman ditandai sebagai Soft 404 oleh Google, itu akan ditandai sebagai “Submitted URL seems to be a soft 404”.

Hal ini dilakukan karena kesalahan soft 404 bersifat sementara sehingga sebelum Google membuat keputusan akhir, itu akan menandai halaman pertama sebagai “Submitted URL seems to be a soft 404” dan jika masalah ini terus-menerus, mereka akan ditandai sebagai Soft 404.

Ketika halaman ditandai Submitted URL seems to be a soft 404 menjadi 404 lunak di tab ERROR, itu berarti bahwa Google akan mencoba lagi untuk menjelajah halaman dan mengubah statusnya jika halaman kembali online.

Ketika sebuah halaman ditampilkan di bawah SOFT 404 pada tab EXCLUDED, itu berarti bahwa Google tidak lagi  untuk mengindeks halaman karena tidak ditemukan atau karena telah diindeks menggunakan arahan halaman NOINDEX.

cara-mengatasi-error-404-03

Cara memperbaiki kesalahan error 404

Untuk menghilangkan error soft 404 dan 404 not found, Anda dapat menggunakan salah satu dari lima solusi di bawah ini:

  • Periksa apakah halaman tersebut benar-benar error soft 404 atau error 404 not found
  • Konfigurasikan server Anda untuk mengembalikan kode kesalahan yang tidak ditemukan dengan benar (404/410)
  • Perbaiki halaman dan minta pengindeksan
  • Arahkan ulang halaman menggunakan pengalihan 301
  • Simpan halaman di situs Anda tetapi hapus indeks dari mesin pencari

Periksa apakah halaman tersebut benar-benar error 404 atau peringatan palsu

Terkadang Google Search Console mungkin salah menandai halaman sebagai error 404, sehingga langkah pertama adalah memeriksa apakah benar 404 masalahnya.

  • Klik pada “Submitted URL seems to be a soft 404” dari Laporan Cakupan untuk melihat daftar halaman yang terpengaruh.
  • Gerakkan mouse ke atas URL dan klik tombol “Buka di tab baru”.

Jika itu adalah halaman situs Anda yang valid dan Anda ingin ini muncul di hasil pencarian, klik tombol VALIDATE FIX.

cara-mengatasi-error-404-04

Tindakan ini akan memaksa Google untuk menyusun kembali halaman dan mengubah kode statusnya. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa hari dan Anda akan diberi tahu melalui email tentang hasilnya.

Periksa halaman dan Uji URL Langsung

Metode lain adalah memindahkan mouse di atas URL dan pilih URL INSPECT. Ini akan memberi Anda informasi lebih lanjut tentang halaman dan opsi untuk MEMINTA INDEKS.

Sebelum melakukannya, Anda dapat mengklik tombol TEST LIVE URL untuk memaksa Google menyegarkan laporan.

Dalam banyak kasus, Anda mungkin menemukan bahwa halaman tersebut ok dan tidak ada tindakan lebih lanjut yang diperlukan.

Konfigurasikan server Anda untuk mengembalikan kode kesalahan yang tidak ditemukan dengan benar (404/410)

Jika suatu halaman memang tidak tersedia atau tidak valid, Anda harus mengonfigurasi situs web Anda untuk mengembalikan kode respons HTTP yang benar (baik 404 atau 410) dan mengirimkan kembali halaman tersebut ke Google menggunakan tombol REQUEST INDEXING pada alat Inspeksi URL.

Cara termudah untuk mengonfigurasi situs Anda untuk mengembalikan kode 404 untuk halaman yang tidak valid adalah dengan menghapus halaman. Dengan menghapus halaman, server HTTP Anda akan menampilkan 404 halaman ketika URL yang diminta tidak ditemukan.

Penting untuk memiliki halaman kustom 404 yang memberikan opsi kepada pengguna tentang apa yang dapat mereka lakukan selanjutnya. Halaman 404 dapat berisi tautan ke beranda Anda dan ke halaman paling populer Anda dan bahkan dapat berisi kotak pencarian untuk membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari.

Perbaiki halaman dan minta pengindeksan

Jika halaman tersedia tetapi Google bersikeras untuk mempertimbangkan halaman sebagai soft 404, Anda dapat meningkatkan konten halaman dan mengirimkan kembali halaman ke Google baik melalui tombol REQUEST INDEXING atau melalui VALIDATE FIX.

Biasanya hal di atas terjadi ketika halaman memiliki konten yang sangat sedikit dan Google ingin menghapus halaman dari indeksnya.

Dengan menambahkan lebih banyak konten, Anda menunjukkan mesin pencari bahwa halaman memiliki nilai dan error 404 akan hilang.

Redirect halaman menggunakan pengalihan 301

Cara lain untuk memperbaiki error 404 adalah dengan mengarahkan ulang halaman yang terpengaruh ke halaman yang valid. Ini dilakukan dengan menambahkan 301 redirect di file .htaccess Anda yang memberi tahu mesin pencari bahwa halaman tersebut telah pindah ke lokasi baru.

Begini tampilannya:

Redirect 301 /soft-404-page https://example.com/new-page-URL

Cara lain untuk menambahkan pengalihan 301 adalah dengan menggunakan plugin Yoast SEO. Saat menambahkan pengalihan 301 Anda perlu memastikan bahwa kedua halaman memiliki konten yang sama.

Simpan halaman di situs Anda tetapi hapus indeks dari mesin pencari

Pilihan lain adalah menjaga halaman di situs Anda tetapi menambahkan direktif noindex di header untuk menginstruksikan mesin pencari TIDAK untuk mengindeks halaman tertentu.

Anda dapat melakukan ini menggunakan Yoast SEO atau dengan menambahkan secara manual <meta name="robots" content="noindex,follow"/>Pada page header.

Ketika Anda melakukan ini, Google tidak akan lagi menampilkan halaman pada laporan ERROR tetapi Anda dapat melihatnya di laporan EXCLUDED di bawah bagian SOFT 404.

Kesimpulan

Berurusan dengan error 404 dan terutama error soft 404 adalah teknik SEO canggih. Saya tahu dari pengalaman bahwa tidak semua pengguna dapat memahami kode status HTTP dan apa artinya.

Untuk mempermudah, yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana menggunakan google search console untuk memeriksa error 404  dan mempelajari cara mengatasi error 404.

Dua metode paling umum adalah dengan menggunakan pengalihan 301 atau dengan menambahkan noindex directive ke header halaman untuk menghapus halaman dari indeks mesin pencari.

Untuk kinerja SEO terbaik, selalu disarankan untuk tidak memiliki error 404 sehingga Anda harus melakukan segala upaya untuk menemukan mereka dan memperbaikinya.

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas