Cara menggunakan GTMetrix Secara Efektif! |2020

Gtmetrix itu apa sih? Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya, namun di kesempatan kali ini saya akan membahas Bagaimana cara menggunakan Gtmetrix dan berikut cara optimasinya.

Cara menggunakan GTMetrix – Secara Efektif!

Untuk Anda yang masih beginner dalam dunia website, mungkin Gtmetrix adalah alat analisa yang mudah di pahami sebagai pedoman dalam optimasi website anda. Bagi Anda yang belum membaca artikel sebelumnya anda bisa membacanya di sini…

Kecepatan situs bisa dibilang salah satu metrik paling penting untuk situs web mana pun – untuk beberapa situs, perbedaan satu detik dapat menambahkan hingga ribuan dolar dari pendapatan yang terlewat (atau didapat). Ini membuat pengukuran kecepatan situs secara akurat menjadi penting. Sayangnya, kecepatan situs bukan metrik yang mudah diukur.

Pertimbangan Tes Kecepatan

Banyak alat – seperti GTMetrix yang disebutkan di atas – sangat bagus, tetapi sangat tidak berguna jika semua yang Anda lakukan adalah pemeriksaan kecepatan satu kali. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin menguji kecepatan secara efektif, tetapi salah satu yang terbesar adalah ini: Tes kecepatan harus dilakukan beberapa kali dan rata-rata diambil agar hasilnya memiliki makna nyata.

1. Uji-Tes Secara Berkala

Untuk mendapatkan satu set data komprehensif yang sangat bagus, Anda perlu melakukan banyak tes kecepatan, terutama pada waktu yang berbeda sepanjang hari.

Yang ideal adalah menjadwalkan tes per jam dan membiarkannya berjalan sekitar satu minggu atau lebih. Alasan untuk ini adalah bahwa kinerja situs web Anda akan berubah sepanjang hari, tergantung pada jumlah pengunjung Anda atau bahkan penyedia Hosting Anda.

Untuk mendapatkan data dari hasil tes sebelumnya, Anda hanya perlu membuat akun Gtmetrix. Sehingga Anda bisa menyimpulkan sendiri kinerja situs web Anda. Daftar di sini…

Efek samping yang bagus dari tes ini adalah Anda akan melihat jam puncak Anda – yang berpotensi mengindikasikan waktu terbaik bagi Anda untuk memposting konten baru atau iklan target / popup, dll, kepada pengunjung Anda.

Karena itu, masih banyak yang harus dipelajari dengan hanya melakukan lima atau sepuluh tes selama satu jam atau lebih. Meskipun kecepatan muat aktual yang diberikan dalam hitungan detik dapat berubah selama satu hari (atau bahkan seminggu).

Beberapa hal yang dapat diungkapkan GTMetrix – seperti banyak rekomendasi yang akan dihasilkan tentang bagaimana cara mempercepat situs web Anda – akan tidak berubah dengan waktu sama sekali.

2.Uji-Tes Lokasi Website

Saat Anda menggunakan versi gratis dari banyak alat pengujian kecepatan (seperti Pingdom), Anda biasanya menetapkan server pengujian secara acak (mis., Lokasi dari mana situs Anda sedang diuji akan menjadi acak).

Ini sering dapat menyebabkan hasil yang sangat tidak konsisten. Sementara Tes 1 dapat dilakukan dari New York, misalnya – 100 mil dari server Anda  Uji 2 dapat dilakukan dari Sydney, 10.000 mil jauhnya dari server Anda.

Lokasi Anda memilih untuk menguji situs Anda membuat perbedaan besar. Untuk beberapa proyek (seperti bisnis lokal), mungkin baik untuk membuang data dari lokasi yang jauh, tetapi dalam kasus lain (pikirkan situs dengan pemirsa potensial di seluruh dunia) yang ingin Anda uji secara global.

Untuk menguji secara lokal, pilih server uji yang berada di dekat lokasi fisik server Anda. Jika Anda tidak tahu di mana server Anda berada, tanyakan perusahaan hosting yang Anda gunakan untuk meng-host situs web Anda. Atau bisa Anda cek di whois.

Untuk menguji secara global, pilih empat atau lima server pengujian di lokasi utama di seluruh dunia.

Agar dapat memilih lokasi untuk menguji situs Anda menggunakan GTMetrix, Anda harus mendaftar untuk mendapatkan akun gratis dan masuk.

3.Cara menggunakan GTMetrix – Tes Target

Saya sering melihat orang menguji SAJA beranda mereka. Ini adalah kesalahan yang benar-benar pemula yang dapat condong lebih banyak hal daripada yang Anda pikirkan.

Pertama-tama, beranda Anda mungkin merupakan laman paling padat data di situs Anda, menjadikannya yang tercepat secara alami. Beranda Anda mungkin juga tidak sepenting yang ingin Anda pikirkan.

Saya bekerja di situs yang memperoleh 97% dari lalu lintasnya secara organik melalui mesin pencari, hampir semuanya masuk ke satu posting / halaman – jadi pastikan untuk fokus pada lebih dari sekadar beranda Anda!

Singkatnya: kecepatan beranda Anda tentu saja penting, tetapi mungkin sekunder untuk banyak halaman Anda yang lain, jadi pastikan untuk juga menguji beberapa halaman lainnya.

Halaman uji seperti halaman posting tunggal, halaman toko dan halaman produk, dll, untuk mendapatkan serangkaian hasil yang menyeluruh.

Cara Kerja GTMetrix

Penggunaan dasar GTMetrix gratis. Anda dapat pergi ke halaman utama dan mulai menganalisis situs Anda segera. Akun terdaftar (atau bahkan berbayar) memberi Anda lebih banyak opsi, seperti memungkinkan Anda memilih lokasi pengujian, pengujian otomatis, dan lainnya.

Gambaran umum hasil menunjukkan kepada Anda browser dan lokasi yang digunakan untuk pengujian, PageSpeed dan skor YSlow, waktu pemuatan halaman, jumlah permintaan, dan ukuran total halaman.

Ini bagus untuk menganalisis tren, tetapi jika Anda benar-benar ingin tahu mengapa situs web Anda lambat, dan / atau apa yang dapat dilakukan untuk lebih meningkatkan hal-hal, Anda harus menggali lebih dalam.

1.PAGESPEED AND YSLOW

PageSpeed dan YSlow menawarkan dua metodologi yang sedikit berbeda untuk mengukur bagaimana struktur dan mekanisme situs web memengaruhi kecepatannya.

Hasil-hasil ini mengandung rekomendasi mereka sendiri untuk membuat segalanya lebih cepat – seperti caching, menambahkan header yang kadaluwarsa, meminimalkan aset, memungkinkan kompresi gzip dan sejenisnya.

Bagian terkait di GTMetrix masing-masing tautan ke informasi lebih lanjut tentang topik – sehingga Anda dapat membaca lebih mendalam tentang hal itu dan mempelajari apa yang harus dilakukan untuk menerapkan setiap metode peningkatan kecepatan spesifik yang tercantum.

Poin penting yang perlu diperhatikan: Jangan mengejar skor persentase. Ini dapat menyesatkan dan tidak serta merta memperhitungkan segala sesuatu yang penting, seperti ukuran keseluruhan dalam megabita halaman (yang, seringkali, sangat dipengaruhi oleh gambar yang dioptimalkan dengan buruk).

Alih-alih, tekankan kecepatan pemuatan laman aktual yang diberikan dalam hitungan detik, bertujuan untuk mencukur detik dari ini ( critical rendering path’ — more on this below) harus menjadi tujuan sebenarnya!

2. THE WATERFALL

The Waterfall adalah salah satu alat yang paling berguna untuk menentukan kemacetan dalam kecepatan situs web Anda.

Tampilan khusus ini sebenarnya sangat mirip dengan apa yang Anda lihat di alat berbasis browser, seperti Firebug Net Panel. Untuk informasi lebih lanjut, lihat artikel yang sangat bagus tentang cara membaca Waterfall ini. Jika Anda kekurangan waktu, inilah versi singkatnya:

Setiap aset di situs Anda harus dilihat, ditransfer, dan ditampilkan. Setiap bar di Waterfall menunjukkan semua langkah yang terlibat untuk setiap aset dan berapa lama waktu yang diperlukan.

Langkah-langkah yang dapat dilalui setiap aset adalah sebagai berikut, dengan sedikit penjelasan ditambahkan:

  • Pencarian DNS : Waktu untuk menyelesaikan
  • Koneksi DNS : Waktu yang diperlukan untuk membuat koneksi
  • Blocking : Waktu yang dihabiskan dalam antrian browser menunggu koneksi
  • Sending : Waktu yang digunakan untuk mengirim permintaan
  • Waiting : Waktu yang dihabiskan menunggu respons (waktu hingga byte pertama)
  • Receiving : Waktu yang diperlukan untuk mengunduh konten

Berdasarkan informasi ini, kami dapat membuat beberapa asumsi tentang apa yang terjadi dengan situs web kami.

Cara menggunkan GTmetrix, lihatlah garis biru di Waterfall di atas. Ini mewakili titik di mana DOM dimuat. Garis merah menunjukkan waktu halaman dimuat.

Waktu untuk byte pertama (TTFB) juga dianggap sebagai indikator penting kecepatan server Anda. Ini ditunjukkan oleh informasi menunggu di air terjun.

Jika Anda secara konsisten melihat TTFB tinggi (bahkan setelah melalui dan meningkatkan rekomendasi utama untuk meningkatkan kecepatan situs), mungkin server host Anda yang mengecewakan Anda!

3. VIDEO AND HISTORY

Dua bagian terakhir hanya untuk akun premium. Video menunjukkan rekaman aktual pemuatan situs – yang dapat menunjukkan kepada Anda apa sebenarnya semua data yang berbeda ini.

Meskipun ini adalah fitur yang bagus, saya tidak menemukan diri saya banyak menggunakannya karena, menurut saya, sedikit menarik perhatian, menurut pendapat saya.

Akan tetapi, tab history adalah salah satu fitur terbaik karena memungkinkan Anda untuk melihat hasil dari beberapa tes pada satu halaman dalam grafik yang mudah dimengerti dan praktis.

4. Configuring A Test Suite

Salah satu kelemahan GTMetrix (walaupun saya belum menemukan alat apa pun yang dapat melakukan ini) adalah tidak dapat mengatur tes variabel.

Yang saya maksudkan adalah Anda tidak bisa memberi tahu GTMetrix untuk memilih halaman acak dari set yang diberikan dan mengujinya dari lokasi acak. Ini akan memberi kita grafik yang dapat menelusuri lebih jauh, berdasarkan halaman dan lokasi (sesuatu untuk masa depan mungkin?).

Alternatifnya adalah menentukan beberapa halaman dan lokasi dan menguji semua variasi setiap jam. Harus diakui, ini adalah sumber daya yang cukup intensif – tetapi akan memberi kami set data yang bagus untuk digunakan.

Saat ini, Anda dapat melakukan ini secara manual dan menggunakan fitur perbandingan GTMetrix untuk menganalisis hasil Anda. Untuk memulainya, saya membuat semua tes berbeda yang saya butuhkan.

Jika saya ingin menguji 2 halaman dari 3 lokasi, saya akan mengatur tes untuk semua permutasi – yang akan menghasilkan 6 tes.

Saya kemudian akan memonitor setiap tes setiap jam selama setidaknya beberapa hari, idealnya seminggu. Setelah jumlah waktu yang memuaskan telah berlalu, saya masuk ke dashboard saya, pilih semua tes dan bandingkan. Ini menghasilkan data berdampingan dan grafik agregat.

Tips Cepat Untuk Pengguna WordPress

Cara menggunakan GTMetrix untuk WordPress, berikut adalah beberapa tips yang sangat efektif yang hampir semua situs web yang didukung WordPress dapat mengambil manfaat dari:

  • Pastikan host web apa pun yang Anda gunakan menggunakan server yang dioptimalkan khusus untuk WordPress – dan jika Anda masih menggunakan hosting bersama generik yang dioptimalkan untuk WordPress, beralihlah ke sesuatu yang jauh, lebih cepat, seperti paket hosting web dari WP Engine , Flywheel atau Kinsta.
  • Jika Anda belum melakukannya, mulailah menggunakan plugin caching halaman, seperti  W3 Total CacheWP Super Cache atau WP Rocket.
  • Luangkan waktu untuk melihat-lihat gambar situs Anda dan memastikan semuanya dioptimalkan semaksimal mungkin (baik optimalkan kembali dalam program seperti Photoshop atau pertimbangkan untuk menggunakan layanan khusus / plugin seperti  WP Smush.
  • Pastikan situs web Anda memuat sebanyak mungkin JavaScript di bagian bawah halamannya (bukan di bagian atas di mana situs web itu akan menunda pemuatan semua elemen halaman lainnya).
  • Hapus profil media sosial yang tidak perlu dari pemuatan di halaman Anda (seperti Facebook, Twitter dan profil Google+ – yang semuanya secara harfiah dapat menambahkan detik ke waktu pemuatan halaman Anda).
  • Enable gzip compressionminify all scripts dan leverage browser caching.
  • Mungkin yang paling penting: Hapus semua plugin yang tidak perlu yang mungkin memuat semua jenis file CSS dan JavaScript dalam halaman Anda – walaupun secara teknis tidak ada batasan jumlah plugin yang dapat Anda instal di situs web yang didukung WordPress, aturan yang sangat umum jempolnya adalah: semakin banyak plugin, semakin lambat situsnya!

GTMetrix Sebagai Alat Pemantau

Sejauh ini kami sebagian besar berfokus pada GTMetrix sebagai cara untuk mencari tahu apa yang harus diperbaiki di situs agar lebih cepat.

Namun, dengan menggunakan fitur peringatan, Anda juga dapat mendeteksi (dan melaporkan) setiap kejadian yang memperlambat situs Anda di bawah kecepatan yang telah ditentukan.

Anda dapat mengatur sejumlah kondisi dari waktu pemuatan halaman dan skor YSlow ke ukuran HTML – yang menjadikan sistem ini cukup menyeluruh.

Jika salah satu kondisi terprogram Anda terpenuhi, Anda akan segera menerima email, memungkinkan Anda untuk bertindak atas informasi tersebut untuk memperbaiki masalah apa pun.

Dengan memantau situs web Anda, Anda mungkin tidak dapat mencegah kelambatan sepenuhnya, tetapi Anda setidaknya akan memiliki kesempatan untuk dengan cepat bereaksi terhadap masalah apa pun untuk meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh, katakanlah, lonjakan lalu lintas yang tidak terduga.

Jika Anda ingin situs web cepat, Anda akan memerlukan alat yang komprehensif untuk mengujinya dalam beberapa keadaan. GTMetrix memungkinkan Anda melakukan hal ini.

Dengan memonitor URL setiap jam, dan dari lokasi yang berbeda, itu akan memberi Anda gambaran lengkap tentang bagaimana kinerja situs web Anda.

Digunakan dengan benar dalam pertempuran melawan kecepatan situs yang lambat, GTMetrix akan membekali Anda dengan informasi lebih dari cukup untuk melawan balik.

Ingatlah untuk menguji lebih dari sekadar beranda Anda, untuk menguji setiap halaman lebih dari sekali, dan dari berbagai lokasi, dan untuk tetap fokus pada pengurangan waktu pemuatan tersebut daripada memaksimalkan nilai persentase PageSpeed dan YSlow!.

Demikianlah artikel cara menggunakan GTMetrix, apabila artikel ini bermanfaat silahkan share ke media sosial Anda.

Terima kasih.

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Kembali ke atas