Cara Menghasilkan Uang Dari Ebook

Internet telah mengubah banyak hal di dunia kita. Sebagai konsumen surat kabar (koran) telah di ganti dengan media online dan email, seperti buku fisik yang belakangan ini mulai meredup ketenarannya. Sangat jauh berbeda pada era 90an, kini semuanya sudah serba onlline. Di artikel ini saya akan membahas cara menghasilkan uang dari ebook.

Tentunya untuk Anda yang mengikuti perkembangan Internet akan berpikir bahwa banyak sekali peluang bisnis menguntungkan yang sebelumnya sudah saya bahas di sini. Ebook saat ini memiliki ketenaran yang meroket tajam dari tahun ke tahun (sumber;tirto.id)

Cara menghasilkan uang dari ebook ini umumnya sudah banyak di kuasai oleh pembisnis kelas atas, Anda pun bisa memulai bisnis ebook ini sebagai pemula tanpa harus menjadi orang yang terkenal tanpa haru mengeluarkan banyak modal.

Ada beberapa perbedaan utama antara penerbitan sendiri ini (yang omong-omong tidak memiliki konotasi buruk seperti dulu) dan tidak memakai proses penerbitan tradisional. Anda tidak akan berurusan dengan buku cetak, dan menjualnya di toko-toko buku yang kemungkinan itu tidak laku. Karena itu memiliki proses di mana pelanggan datang sendiri mencari buku-buku Anda di toko buku.

 

 

Berbeda dengan ebook, semuanya dilakukakn secara digitalisas. Proses penjualan nya pun langsung menawarkan ke pelanggan hanya dengan membagikan link ebook Anda yang sudah di upload di internet dan itu tidak akan kadaluarsa selamanya.

Apa Itu Ebook?

Ebook adalah buku. Tetapi dalam format digital dimana mereka dapat di kirim atau di unduh secara online. Anda dapat menulis sendiri, mempekerjakan penulis, menggunakan konten domain publik, dan membuat ebook Anda dari banyak sumber.





Ada banyak ebook yang dapat Anda tulis misalnya, perjalanan bisnis, misteri, romansa, fiksi ilmiah, swadaya, agama dan sebagainya. Sembarang subjek adalah permainan yang adil selama ada pasar pembeli yang siap.

Selain itu Anda tidak harus bergantung pada editor atau penerbit yang memberitahu apakah buku tersebut akan di terbitkan. Dan anda tidak perlu bergantung pada toko buku untuk meletakan buku anda di rak nya. Anda memegang proses kendali penuh.

Memulai Bisni Ebook – Dimana Anda Menjual

Sebagai penerbit ebook Anda dapat memiliki beberapa opsi yang tersedia untuk menjual karya Anda.

Anda dapat mengatur situs web Anda sendiri dan menjual ebook Anda secara online. Pada umumnya ebook yang diterbitkan online banyak menggunakan format PDF.

Pembaca mengunjungi situs Anda, mereka mendapakan tautan unduhan dan mendapatkan ebook anda. Ini hampir semuanya otomatis, dan Anda hanya cukup mengawasi agar situs Anda berjalan dengan lancar.

Cara termudah untuk menjual ebook anda adalah melalui pihak ketiga seperti situs ecommerce yang ada di indonesia, playstore dan semacamnya. Meskipun Anda mungkin tidak menghasilkan uang sebanyak yang akan Anda jual langsung di situs web sendiri, Anda akan memiliki kesempatan untuk menjangkau audiens yang tidak dapat di jangkau oleh situs web Anda.

Letakkan satu (atau dua) buku Anda di situs ecommerce dan anggap itu sebagai sumber lalu lintas… cara bagi orang baru untuk menemukan Anda. Dan Anda dapat untung dari menjual ebook tersebut.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah memasukan tawaran gratis di dalam ebook Anda  dan minta mereka untuk kembali ke situs web Anda untuk mengklaim bonus mereka. Untuk mengakses bonus Anda mereka harus ikut serta memberikan Anda alamat email meraka.

Setelah Anda memilikinya di daftar email Anda, selanjutnya Anda dapat menindaklanjutkannya dan mulai menjual ebook tambahan dari situs anda sendiri, pada titik harga yang lebih tinggi.

[Baca juga :  10 Situs Jualan Online Terbaik]

Dimana  Mendapatkan Konten Anda

Langkah Pertama untuk Membuat Buku Terlaris Anda.

Percaya atau tidak Anda mungkin memiliki beberapa ebook yang sudah di tulis. Jika Anda sudah mendapatkan penghasilan dari blog, posting blog tersebut dapat di ubah menjadi ebook dengan beberapa pengeditan.

Cukup kumpulkan posting blog yang relevan kedalam urutan yang masuk akal, tambahkan pengantar dan kesimpulan, dan Anda siap utuk menerbitkannnya. Setiap topik bog yang anda gunakan harus sama dengan tema yang akan Anda tulis kembali dalam bentuk ebook.

Tentu saja, itu hanya satu cara untuk mengumpulkan konten menjadi versi ebook Anda. Jika Anda ingin menernitkan karya asli Anda itu merupakan pilihan yang terbaik. Contohnya seperti Anda membuat karangan cerita (Novel) dalam versi ebook jangan lupa gunakan alur cerita yang dapat membuat pembaca berinteraksi ke Anda, bersedia menuggu karya Anda selanjutnya.

Bagian kuncinya, jika Anda memulai dari awal adalah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju tujuan Anda. Tulislah sesuatu setiap hari! Mulailah dengan garis besar dan kemudian isi.

Pemasaran Ebook Anda

Cara menghasilkan uang dari ebook Tentunya harus memiliki strategi untuk meningkatkan penjualan ebook Anda. Ada sedikit rahasia di dunia penerbita tradisional.

Biasanya penerbit tidak telalu aktif dalam memasarkan atau mempromosikan buku yang mereka rilis, hanya mereka yang berasal dari penulis laris mapan yang mendapatkan perhatian ini.

Tetapi, sebagai penerbit ebook, Anda akan menikmati memiliki kendali yang sama atas strategi pemasaran dan penjualan Anda.Dengan semua opsi yang tersedia, Anda seharusnya tidak memiliki masalah menemukan cara untuk mengeluarkan judul buku Anda ke dunia dan menarik perhatian pembaca potensial.

Saya merekomendasikan pendekatan multichannel – pendekatan pemasaran dari beberapa sudut yang berbeda. Satu saluran yang pasti adalah media sosial.Manfaatkan halaman Facebook Anda, Twitter, kontak LinkedIn, dan lainnya untuk menyebarkan berita.Ketika buku diterbitkan, poskan di Facebook dengan tautan kembali ke situs web Anda dengan lebih banyak informasi dan cara memesan, misalnya.

Anda juga harus mempromosikan buku Anda di blog Anda, aktifkan di forum yang berhubungan dengan topik buku Anda dan beri tahu orang-orang tentangnya, dan jika Anda memiliki daftar email, pastikan untuk mempromosikannya di sana juga. Anda mungkin juga menawarkan bab gratis ebook Anda. Itu akan membuat pembaca ketagihan sehingga mereka menginginkan lebih dan akan membeli ebook sisanya.

Juga, jika Anda menjual ebook Anda di ecommerce, Anda dapat melakukan iklan berbayar langsung di ecommerce untuk mempromosikan buku Anda ke audiens yang sangat bertarget berdasarkan pencarian kata kunci dan produk tertentu (seperti buku terkait).

Mengambil Langkah Selanjutnya untuk Menjual Ebooks Online

Jadi sekarang Anda mengerti mengapa menjual ebook bisa menjadi penghasil uang, saatnya untuk memulai. Cari tahu jenis ebook apa yang ingin Anda jual, di mana Anda akan mendapatkan konten, dan di mana Anda akan menjualnya – dan bagaimana Anda akan memasarkannya secara online. Ini adalah peluang bisnis berbiaya rendah dan berisiko rendah yang memiliki keuntungan besar!

Demikianlah artikel cara menghasilkan uang dari ebook, Anda dapat membagikan artikel ini ke laman sosial media Anda jika artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Satu komentar di “Cara Menghasilkan Uang Dari Ebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas