Macam Macam Konten Blogger yang Wajib Blogger Ketahui | 13 Jenis Blog

Jika kamu ingin menambahkan traffic situs kamu, ada  banyak cara untuk melakukannya. Artikel kali ini akan membahas macam macam konten blogger yang dapat membantu menaikan traffic situs web kamu.

Ada berbagai jenis konten blog yang banyak di cari oleh pembaca, dengan membuat konten blogger yang di cari ini dapat kamu gunakan untuk membantu meningkatkan traffic situs kamu.

Bagaimana Jika Menggunakan Lebih dari 1 Jenis Konten Blogger?

Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus  mempertimbangkan dan mencoba beberapa konten baru di situs web kamu:

Increased visitor engagement

Orang yang berbeda lebih suka jenis konten blogger yang berbeda. Memberikan  semua jenis konten blog yang relavan dan menarik untuk di kunjungi itu akan   meningkatkan peluang kamu untuk mengubah pengunjung menjadi penggemar dan pengunjung tetap.

Sumber tambahan traffic

Menyebarkan konten kamu di berbagai media memungkinkan konten blogger kamu akan ditemukan melalui saluran tambahan seperti YouTube, Facebook, dan sumber lalu lintas tinggi lainnya.

Peningkatan SEO

Coba tebak, Google menyukai konten berkualitas. Menunjukkan kepada mereka bahwa situs kamu menawarkan konten yang bermanfaat itu merupakan sinyal positif bagi search engine.

Jika kamu ingin menumbuhkan bisnis kamu, mungkin ini saatnya untuk sedikit mencampuradukkan semuanya.

Macam Macam Konten Blogger pada Situs Web

Di bawah ini, saya telah mengumpulkan daftar lebih dari 13 jenis jenis konten blogger berbeda, yang bisa kamu tambahkan ke konten  situs kamu dan membantu membuka traffic tambahan.

Lihat apa yang cocok dengan niche website kamu. Namun, tetaplah berpikiran terbuka dan bersiaplah untuk membuat beberapa eksperimen!

 

1. Konten blogger How-To dan Tutorial

Konten “How-To X” adalah jenis konten klasik di dunia blogger. Salah satu motivasi utama bagi orang untuk menggunakan Internet adalah untuk menemukan solusi untuk masalah mereka. Jika kamu dapat memberikan solusi seperti itu, itu adalah peluang konten emas. ini adalah beberapa konten blog yang banyak di cari oleh pengguna internet.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?

Sebagai langkah pertama, kamu perlu mengidentifikasi masalah yang dimiliki audiens kamu Secara optimal. Ini adalah sesuatu yang umum dalam pembuatan konten.

Banyak orang yang memiiki masalah karena di sebabkan faktor tertentu, mencari jalan keluar dari masalah itu di Internet atau bertanya kepada mereka yang ahli. Semakin banyak orang yang dapat kamu bantu, semakin baik.

Setelah  kamu menemukan masalah, tawarkan panduan langkah demi langkah tentang cara menyelesaikannya. Bersikap saksama dan berikan langkah-langkah yang jelas.

Semakin lengkap solusi dari konten blog yang kamu tawarkan, semakin layak untuk dibagikan. Lihatlah Blog Ultimate 9000 kata Ultimate Guide on How to Start a Blog sebagai contoh.

BONUS

  • Jika memungkinkan, tambahkan konten blogger dengan panduan gambar, video, grafik dan berbagai jenis media visual lainnya.

2. Konten Blogger Podcast

Podcasting. Nama-nama besar di blogosphere seperti Tim Ferris sekarang menyediakan banyak konten mereka sebagai audio, bukan teks.

Itu bukan karena iseng-iseng, podcast sangat bagus menjadi nilai konten kamu. Podcast relatif mudah diproduksi, dan teknologinya sudah tersedia banyak di internet.

Ini juga cara yang sangat pribadi untuk menyampaikan informasi, yang membangun ikatan yang lebih kuat dengan audiens Anda.

Ini adalah konten blog yang menarik untuk di kunjungi.

Plus, podcast dapat di dengarkan di mana saja , kapan saja, mulai dari pergi belanja dan di perjalanan mereka.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?

Dalam hal memulai, Kamu tidak perlu terlalu banyak modal. Mikrofon dan perangkat lunak perekaman yang layak (seperti Audacity) akan membantu kamu mengatasi problem dalam membuat konten podcats pertama.

Untuk benar-benar menyelami konten podcast, ada panduan Pat Flynn tentang cara memulai podcast masih merupakan salah satu sumber daya terbaik dan terlengkap.

Terlebih lagi, jika kamu berencana mengirim podcast ke iTunes, kamu harus mengikuti  pedoman pengiriman iTunes.

Jangan biarkan podcast berdiri sendiri. Buat splash di situs web Anda tentang hal itu. Beri tahu orang-orang tentang episode baru dan undang diskusi.

BONUS

  • Kamu dapat menggunakan embed otomatis SoundCloud untuk dengan mudah menerbitkan episode di blog WordPress Kamu.
  • Pertimbangkan untuk menambahkan transkrip seluruh episode atau tema utama mereka, seperti yang Moz lakukan dengan seri video Whiteboard Friday mereka. Ini juga memberi kamu kekuatan nilai SEO tambahan!

3. Konten Berita

Newsflash: Kamu tidak perlu membuat semua konten sendiri. Terkadang cukup menjadi orang yang mengumpulkan info-info penting di satu tempat untuk orang lain.

Menjadi pusat berita yang menarik di website kamu sangat membantu membangun kepercayaan dan otoritas.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?

Kualitas sebelum kuantitas adalah aturannya. Untuk memposisikan diri kamu sebagai pemimpin ide pemikiran di bidang kamu, pastikan kamu hanya berbagi hal-hal bernilai tinggi dan sangat berguna.

Jadwalkan konten: Apakah kamu mempublikasikan konten blogger setiap hari, atau membuat pembaruan mingguan tergantung pada dri kamu sendiri, niche, dan konten yang tersedia.

BONUS

  • Salah satu situs web yang melakukan kurasi berita dengan sangat baik adalah SearchEngine Journal. Ini adalah tempat yang luar biasa untuk mendapatkan info terbaru tentang SEO, pemasaran online, media sosial, dan lainnya.

4. Konten Infografis

Seperti namanya, infografis menyampaikan informasi secara visual. Mereka adalah salah satu jenis konten blogger paling efektif.

Kita sebagai manusia dirancang untuk menghargai mereka – lihat infografis interaktif ini untuk mencari tahu alasannya.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?

Infografis adalah wahana yang luar biasa untuk mengkomunikasikan data, penelitian, statistik, dan informasi numerik lainnya dengan cara yang menarik.

Namun, membuat infografis yang luar biasa dan patut dicermati membutuhkan upaya. Baik informasi yang terkandung dan pengiriman harus menjadi yang terbaik.



TIP BONUS

  • Jika kamu membuat konten blogger infografis sendiri bukan suatu pilihan yang salah, jangan putus asa. Kamu masih dapat memanfaatkan jenis konten ini dengan membagikan konten yang sudah ada. Cobalah mencarinya di Google untuk “[topik Anda] + infografis” akan menemukan sesuatu dengan cepat. Banyak konten yang siap untuk disematkan.

Baca Juga : 2 Jenis WordPress dan Perbedaannya yang Wajib di Ketahui

5. Konten Lists

Jenis jenis konten blogger  seperti ini umumnya banyak di sukai. Daftar menjanjikan pengembalian investasi yang terukur dan menyajikan sejumlah informasi dalam bentuk yang mudah dicerna.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?

Buatlah daftar posting follow dengan format sederhana: Perkenalkan masalah, daftarkan solusi, tawarkan kesimpulan. Namun, untuk memberikan nilai besar dengan konten daftar kamu, cobalah membuatnya sedetail mungkin.

Jelajahi semua opsi yang mungkin. “36 Headline Luar Biasa

Jangan hanya daftar hal-hal tanpa komentar. Diskusikan dan benarkan setiap poin, meskipun hanya sebentar. Ini akan memberikan nilai tambahan untuk audiens.

BONUS

  • Jika kamu mencari daftar konten blogger, “Top X“, merupakan ide bagus untuk memilih angka genap seperti 10, 50 atau 100. AKamu dapat membaca lebih lanjut tentang “Efek Top-10” di sini.

6. Tautan Dan Koleksi Tools

Kumpulan tautan dan tools adalah jenis daftar posting yang sangat istimewa yang perlu mendapat perhatian ekstra. Jika dilakukan dengan benar, mereka mewakili sumber yang luar biasa yang dengan senang hati akan dibagikan dan ditautkan oleh orang lain.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?

Aturan yang sama seperti halnya konten list berlaku juga untuk konten jenis ini. Susun dengan baik, dan berikan konteks untuk setiap item. Yang terakhir tidak hanya menunjukkan bahwa kamu benar-benar berusaha, tetapi juga memberikan nilai ekstra untuk mesin pencari.

BONUS

7. Konten Studi Kasus

Studi kasus adalah cara yang ideal untuk memamerkan layanan, produk, atau konten kamu dan bagaimana itu membantu orang lain. Ini adalah bukti utama bahwa apa yang kamu tawarkan benar-benar pantas.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?

Jenis konten blog ini bekerja sangat baik jika saran atau produk kamu telah memungkinkan, itu akan berguna bagi seseorang untuk mencapai hasil yang luar biasa.

Misalnya, beberapa waktu lalu Backlinko menerbitkan Studi Kasus Strategi Konten: 36.282 Pembaca + 1.000 Pelanggan Email. Sekarang siapa yang tidak mau mencari tahu bagaimana mendapatkan hasil seperti itu?

Studi kasus yang baik dapat disamakan dengan cara memposting yang sangat rinci dan terfokus. Jelaskan masalah, hasil akhirnya dan kemudian panduan langkah demi langkah tentang bagaimana hal itu dicapai.

Bicara tentang pelajaran yang didapat di jalan, berikan kesimpulan dan ajakan untuk bertindak bagi audiens.

BONUS

  • Bersikaplah tulus untuk membantu orang lain mencapai kesuksesan yang mereka inginkan. Jangan tergoda untuk sekadar pamer.
  • Buat alur cerita alih-alih hanya mengoceh fakta. Tenunkan mereka ke dalam narasi yang bisa dihubungkan dengan orang lain.

8. Video

Seperti yang kamu perhatikan, jenis jenis konten yang ada di Twitter maupun Facebook menjadi platform sosial yang semakin visual. Jumlah gambar dan video yang diposting terus meningkat.

Gabungkan dengan fakta bahwa YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua dan kamu memiliki alasan kuat untuk memasukkan video dalam strategi konten kamu.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?

Jenis konten Video adalah cara yang luar biasa untuk berbagi informasi dan mengomunikasikan situs web, blog, atau bisnis kamu ke dunia luar.

Sangat mudah untuk memamerkan kepribadian kamu, sambil mengepaknya penuh dengan informasi. Ini salah satu contoh favorit saya beberapa tahun terakhir.



Sekarang, menghasilkan video profesional seperti yang di atas bisa menghabiskan banyak biaya. Ada banyak upaya dan tenaga yang terlibat.

Namun, ada cara untuk menghasilkan video dengan harga murah. Saat ini, sebagian besar ponsel memiliki kamera yang layak dan ada perangkat lunak pengeditan video yang gratis atau terjangkau (seperti Camtasia) di luar sana.

Kmau dapat bereksperimen dengan berbagai jenis video seperti screencast, talking head (di mana kamu hanya berbicara di kamera) atau menjelaskan video.

Ingatlah bahwa mereka tidak harus panjang. Bahkan, semakin pendek dan lebih tepatnya, semakin baik. Plus, tidak perlu meng-host-nya di situs kamu sendiri. Letakkan video  di YouTube atau Vimeo, yang juga akan mengirim sinyal sosial positif ke Google.

BONUS

  • Saat menerbitkan video di situs kamu, berikan konteks dengan posting blog pendek atau sertakan transkrip.

9. Konten Blogger Tentang Ulasan atau Reviews

Meninjau buku, produk, atau layanan adalah cara lain untuk berbagi informasi berharga dengan audiens kamu. Diskusikan gadget favorit kamu, buku-buku yang paling banyak mengajarkan kamu dan bagaimana mereka bisa bermanfaat bagi pembaca.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?

Kamu bebas memilih format ulasan. Namun, setidaknya harus memberikan pengantar, bagikan suka dan tidak suka kamu dan akhiri dengan apakah kamu merekomendasikan apa pun yang kamu bicarakan kepada orang lain.

Dalam hal ulasan buku, merupakan ide bagus untuk merangkum poin-poin utama mereka. Ajakan untuk bertindak (“Beli sekarang di Toko online”) adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan termasuk apakah itu sesuai dengan strategi kamu.

BONUS

  • Ulasan dapat dilengkapi dengan video.
  • Jika kamu menggunakan program afiliasi, ulasan juga dapat membantu membawa uang tunai dengan tautan ke penjual.

10. Konten Blogger Meme

Apa itu Meme? Daripada menjelaskannya di sini, lihat halaman Wikipedia ini dengan cepat.

Beberapa orang mengklaim Internet diciptakan hanya untuk memunculkan konten jenis ini. Terlepas dari kebenaran dalam pernyataan itu, yang benar adalah bahwa meme memungkinkan kamu mengomunikasikan poin kamu dengan cara yang lucu.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?

Hal yang hebat tentang jenis konten blog ini adalah meme tidak dikenai biaya. Meme Generator dan Quick Meme adalah dua dari banyak situs yang memungkinkan kamu untuk membuat meme pada pemberitahuan sesaat.

Meme itu menyenangkan, sering dibagikan, dan dapat diadaptasi ke hampir semua ceruk atau industri. Mereka adalah cara cerdas untuk membuat poin lucu, namun, mereka tidak benar-benar dibuat untuk mengkomunikasikan sesuatu yang serius.

Meme bukan bahan blogging sendiri, tetapi seperti yang kamu lihat dalam contoh saya di atas, mereka dapat digunakan untuk memecah konten dengan lelucon. Jenis konten ini juga cocok untuk outlet sosial.

BONUS

Pastikan untuk melakukan sedikit pekerjaan terlebih dahulu. Karakter yang berbeda mendukung ide-ide tertentu dan memiliki slogannya. Luangkan waktu untuk mempelajari meme terlebih dahulu, jika tidak ada upaya untuk berusaha itu mungkin akan menjadi bumerang.

11. Blog Panduan

Pikirkan panduan sebagai konten yang lebih epik dari cara memposting. Mereka jauh lebih besar dalam cakupan, memiliki alur yang panjang, dan pengiriman visual daripada hanya posting blog sederhana.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA

Sebagai contoh yang baik, kamu dapat melihat postingan dari Moz’s Beginner’s Guide to SEO. Penuh dengan informasi yang berguna dan disajikan dengan cara yang luar biasa.

Kamu dapat yakin bahwa itu akan menghasilkan banyak traffic. Saya telah menautkannya di beberapa artikel saya.

Untuk panduan kamu sendiri, tata letak dan presentasi sama pentingnya dengan jenis jenis blog lainnya. Ini tidak berarti kamu harus membuat semuanya sama seperti Moz; Namun, sedikit usaha kreatif akan sangat bermanfaat.

BONUS

  • Menyediakan panduan kamu sebagai unduhan PDF adalah cara yang efektif untuk menarik orang untuk mendaftar ke daftar email.

12. Konten E-book

Memiliki ebook yang luar biasa untuk diberikan di blog kamu adalah cara yang efektif untuk menarik pembaca dan pelanggan.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?

Segala sesuatu yang berlaku pada jenis blog panduan juga berlaku untuk e-book – konten dan pengiriman harus berjalan seiring. Struktur sama pentingnya; memberikan beberapa bab, tidak ada yang mau membaca satu teks besar.

Ketahuilah bahwa untuk memberikan e-book, buku itu tidak harus berukuran lebih dari 100 halaman. Orang-orang telah sukses besar dengan halaman yang jauh lebih sedikit.

Namun, jangan membuatnya terlalu pendek, karena itu mungkin malah akan membuatnya sebagai konten bernilai rendah.

Berikut adalah beberapa tautan praktis tentang topik pembuatan e-book:

BONUS

  • Pembuatan e-book juga bisa dilakukan oleh pihak luar. Coba lihat di eLances dan Gurus untuk hal semacam ini. Mungkin juga untuk melakukan outsourcing bagian dari proses, seperti pemformatan dan desain.

13. Konten Blog Guest Posts



Membuat konten berkualitas tinggi membutuhkan waktu. Waktu yang tidak selalu kamu miliki. Untungnya, banyak orang di luar sana yang akan lebih senang berkontribusi ke blog kamu untuk beberapa paparan. Guest posts adalah alternatif yang bagus untuk mengisi blog kamu tanpa harus melakukannya sendiri.

BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?

Jika sebagian besar pekerjaan dilakukan oleh orang lain, itu tidak berarti kamu dapat duduk diam – tugas Anda adalah mengawasi prosesnya. Itu termasuk:

  • Menyiapkan pedoman editorial
  • Meninjau artikel dan memberikan umpan balik
  • Memastikan setiap posting adalah asli
  • Memeriksa tautan dalam artikel dan bio penulis untuk spam
  • Menjadwalkan posting tamu di kalender editorial kamu

BONUS

  • Manfaat tambahan dari guest posts adalah seorang blogger tamu memiliki kepentingan pribadi dalam mempromosikan karya mereka. Ini dapat menyebabkan paparan lebih lanjut dan lalu lintas baru.

Kesimpulannya: Jenis Jenis Blog Dapat Sangat Bervariasi

Menggunakan berbagai jenis konten dapat membantu melibatkan pembaca, meningkatkan konversi, dan meningkatkan traffic kamu. Seperti dapat dilihat dari daftar di atas, ada banyak opsi yang tersedia.

Saat memutuskan konten seperti apa yang akan dicoba di situs kamu, pikirkan apa yang paling beresonansi dengan audiens kamu. Pada akhirnya, semua yang kamu lakukan harus ditujukan untuk melayani mereka.

Karena itu, jangan takut untuk bereksperimen. kamu tidak pernah tahu apakah sesuatu akan berhasil atau tidak jika kamu tidak mencobanya.

Mungkin Akamu juga tertarik untuk membaca 14 Hal yang Wajib di Perhatikan Blogger Saat Membuat Post

Jenis konten apa yang berfungsi dengan baik untuk situs Anda? Pikiran?

Silahkan Anda tuluskan jawabannya di kolom komentar dan membagikannya di media sosial Anda.

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

2 komentar di “Macam Macam Konten Blogger yang Wajib Blogger Ketahui | 13 Jenis Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas