Cara Melihat Kata Kunci yang Digunakan Orang untuk Menemukan Situs WordPress Anda

Apakah Anda ingin melihat kata kunci yang digunakan orang untuk menemukan blog WordPress Anda?

Kata kunci adalah frasa yang diketik pengguna di mesin pencari untuk menemukan konten yang mereka cari. Anda ingin blog wordpress Anda berada di peringkat teratas mesin pencarian dengan menggunakan kata kunci yang tepat untuk menggambarkan blog wordpress Anda.

Dalam artikel wordpress tutorial kali ini, kami akan menunjukkan cara mudah melihat kata kunci yang digunakan orang untuk menemukan blog wordpress Anda. Cara ini biasanya di sebut dengan Keyword Tracking atau Pelacakan Kata kunci yang digunakan untuk mengaudit website dalam mengoptimalkan SEO suatu web.

Apa itu Keyword Tracking?

Keyword tracking pada dasarnya adalah kegiatan memantau posisi situs web Anda untuk kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Google, Bing, dll.

Keyword tracking membantu Anda melihat metrik penting seperti kata kunci spesifik apa yang digunakan orang untuk menemukan situs web Anda. sehingga Anda dapat fokus pada kata kunci tertentu untuk meningkatkan traffic blog wordpress Anda.

Cara terbaik untuk melihat kata kunci dan peringkat kata kunci yang Anda gunakan di situs web Anda adalah dengan menggunakan Google Search Console.

Google Search Console adalah alat gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu pemilik situs web memantau dan mempertahankan keberadaan situs mereka di hasil pencarian Google.

Kami akan menunjukkan kepada Anda cara menghubungkan google search console dan google analytics ke dalam situs wordpress Anda. 

Kami juga akan membahas bagaiman caranya melacak kata kunci apa yang di gunakan kompetitor Anda.

Kedengarannya bagus? Mari kita mulai.



Cara Melihat kata Kunci WordPress di Google Search Console

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan akun google search console Anda dengan situs web Anda. Jika belum mempunyai akun search console Anda dapat membuatnya di situs resmi google search console.

 

Setelah Anda menambahkan situs web Anda ke Google Search Console, Anda akan dapat menggunakannya untuk memantau peringkat pencarian Anda.

Untuk melihat posisi kata kunci Anda, klik pada laporan Performance dan kemudian klik pada skor posisi rata-rata.

 

Di Search Console sekarang akan menemukan laporan di kolom Average position. Selanjutnya, Anda perlu sedikit gulir ke bawah untuk melihat daftar kata kunci lengkap dengan peringkat situs web Anda.

 

Anda akan melihat daftar kata kunci dengan jumlah klik, tayangan, dan posisi kata kunci itu di hasil pencarian.

Anda dapat mengurutkan data dengan klik, tayangan, dan posisi kolom. Anda dapat melihat kata kunci peringkat teratas Anda dengan mengurutkan data berdasarkan posisi.

Saat Anda menggulir ke bawah, Anda akan dapat melihat kata kunci tempat situs Anda muncul lebih banyak di hasil pencarian. Anda dapat mengoptimalkan konten Anda untuk peringkat yang lebih tinggi untuk kata kunci tersebut.

Cara ke 2 Menggunakan Plugin MonsterInsights

Untuk metode ini, kami akan menggunakan MonsterInsights untuk mengambil data Google Search Console kami di dalam dasbor WordPress.

Metode ini memiliki dua keunggulan.

  1. Anda dapat melihat kata kunci Anda tepat di dalam area admin WordPress
  2. Anda akan melihatnya bersama dengan laporan MonsterInsights lainnya yang akan membantu Anda merencanakan tindakan Anda kedepannya dengan lebih efisien

MonsterInsights adalah plugin Google Analytics # 1 untuk WordPress. Ini memungkinkan Anda menginstal Google Analytics dengan mudah di WordPress dan menunjukkan kepada Anda laporan yang bisa dibaca tepat di dalam dasbor WordPress Anda.

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin MonsterInsights di situs web Anda.

Setelah Anda menginstal dan mengatur MonsterInsights, langkah selanjutnya adalah menghubungkan akun Google Analytics Anda ke akun Konsol Pencarian Goole Anda.

Cukup, masuk ke akun Google Analytics Anda dan kemudian klik tombol Admin dari sudut kiri bawah layar.

 

Selanjutnya, Anda perlu mengklik ‘All Produtcs’ di bawah kolom properti dan kemudian mengklik tombol ‘Link Search Console’.

Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan Search Console di mana Anda perlu mengklik tombol Add.

Setelah itu, Anda akan melihat daftar situs web yang ditambahkan ke akun Google Search Console Anda.

 

Klik tombol OK untuk lanjutkan di akun Analytics dan Search Console Anda sekarang akan ditautkan.

Anda sekarang dapat melihat kata kunci peringkat situs web Anda di dalam area admin WordPress.

Cukup buka Insights »Report, lalu alihkan ke tab Search Console.

 

Anda akan melihat daftar kata kunci di situs web Anda akan muncul di hasil pencarian. Selanjutnya, untuk setiap kata kunci Anda juga akan melihat parameter berikut:

  • Klik – Seberapa sering situs Anda diklik saat muncul untuk kata kunci ini
  • Impressions – Seberapa sering muncul di hasil pencarian untuk kata kunci itu
  • CTR – Klik tayang untuk kata kunci ini
  • Average Position – Posisi rata-rata situs Anda dalam hasil pencarian untuk kata kunci tertentu

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara melihat kata kunci yang digunakan orang untuk menemukan blog WordPress.

 

 

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas