Cara Membuat WordPress Super Cepat 2020 | Speed Insights

Membuat wordpress super cepat adalah hal yang mudah di lakukan Asalkan, Anda memahami hal yang harus anda lakukan untuk membuat website super cepat. Dalam kasus ini kita akan menggunakan Test Speed yang sering di gunakan pada umumnya, yaitu Page Speed Insights yang di kembangkan oleh Google Devepolper.

Dalam artikel ini Admin akan share bagaimana cara memahami hasil laporan dari Page Speed Insights.

Kenapa WordPress Harus Cepat???

Apakah Anda sudah membuat website toko online yang berisi produk berkualitas, tapi keuntungan yang diraup masih rendah?

Atau Anda sudah membuat blog, tapi angka pengunjung belum juga menunjukkan peningkatan? Keuntungan website toko online yang rendah dan sedikitnya pengunjung blog memang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Namun, ada satu faktor umum yang bisa menyebabkan kerugian baik di website toko online maupun blog. Faktor tersebut adalah faktor kecepatan! Kecepatan website merupakan salah satu faktor dasar untuk kesuksesan website Anda. Baik Anda mengelola website toko online, websitecompany profile, maupun blog semuanya harus cepat dan responsif.

Inilah tips-tips bagaimana membuat WordPress Anda super cepat.

1.Pentingnya Membuat WordPress Loading Cepat

Mengapa kecepatan menjadi sangat penting untuk website Anda? Berikut lima
alasannya:

 

  • Pengunjung Tidak Sabar Pengguna internet tidak sabar untuk mendapatkan yang mereka inginkan, baik itu mendapatkan informasi maupun membeli produk. Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.
  • Pengunjung Tidak Kembali ke Website yang Lambat Sekali pengunjung tahu kalau website Anda loading lama, kemungkinan besar mereka tidakakan kembali mengunjungi website Anda. Berdasarkan survey KissMetric, 79 persen pengunjung tidak akan kembali mengunjungi
    website yang mereka anggap lama loading-nya.
  • Website Cepat, Ranking Semakin Tinggi di Google Untuk menentukan ranking di hasil pencarian, Google menggunakan berbagai faktor. Salah satu faktor utamanya adalah kecepatan loading website Anda. Semakin cepat loading website, semakin bagus nilai website Anda di penilaian Google. Faktor ini berlaku untuk hasil pencarian di desktop dan mobile.
  • Website cepat: Pengunjung Tumbuh Pesat dan Untung Juga Berlipat Meningkatkan kecepatan loading website tidak muncul tanpa tujuan. Kecepatan website yang tinggi akan meningkatkan pertumbuhan pengunjung website. Selain itu, website yang cepat juga membuat pengalaman pengunjung jadi lebih baik sehingga memudahkan mereka untuk melakukan pembelian dan transaksi di website.

2.Apakah Website Anda Sudah Cukup Cepat?

Kini saatnya bagi Anda untuk mengecek kecepatan website Anda sendiri. Ada beberapa cara untuk mengecek kecepatan website. Terdapat dua cara efektif dan akurat untuk mengecek kecepatan website Anda.




 

 

Cara pertama adalah dengan menggunakan PageSpeed Google. PageSpeed Google memungkinkan Anda untuk mengecek kecepatan website di perangkat desktop dan mobile. Berikut langkah-langkah mengecek kecepatan website menggunakan PageSpeed Google:

2.1 Cek Kecepatan Website di PageSpeed Google

1. Buka Website PageSpeed Google

2. Ketik Alamat Website Anda

3. Lihat hasilnya 

 

Google akan menilai kecepatan loading website Anda menggunakan skala persen. Nilai 0 sampai 49 persen menunjukkan website Anda lambat. Nilai 50 sampai 89 persen menunjukkan kecepatan website Anda sudah mencapai rata-rata. Terakhir, nilai 90 sampai 100 persen menandakan website Anda cepat.

4. Cara Membaca Analisis PageSpeed Google

Selain analisis kecepatan website secara umum, PageSpeed Google juga menjabarkan analisisnya menjadi enam bagian. Enam analisis tersebut adalah Field Data, Origin Summary, Lab Data, Opportunities, Diagnostics, dan Passed Audits. Berikut adalah penjelasannya:

Field Data dan Origin Summary

 

Field Data dan Origin Summary adalah nilai kecepatan berdasarkan First Contentful Paint dan First Input Delay. First Contentful Paint adalah waktu di mana gambar atau teks pertama muncul. Sedangkan First Input Delay adalah jarak waktu antara interaksi pertama pengunjung (klik tautan/link) dan respon pertama browser menanggapi interaksi tersebut. Website Anda termasuk cepat jika kedua nilai FCP dan FID sama-sama tinggi. Jika salah satu, FCP atau FID, mendapatkan nilai rendah, website Anda termasuk lambat.

[Baca juga : Apa Itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya]

Load Data

 

  •  First Contentful Paint adalah waktu di mana gambar atau teks pertama muncul
  •  Speed Index menunjukkan seberapa cepat isi halaman terlihat jelas. Semakin rendah nilainya semakin bagus.
  • Time to Interactive adalah waktu pertama yang menunjukkan sebuah halaman dianggap interaktif secara penuh
  • First Meaningful Paint mengukur kapan konten utama dari sebuah halaman muncul
  • First CPU Idle menandakan waktu pertama di mana sebuah halaman pengunjung bisa melakukan input
  • Estimated Input Latency menunjukkan lama waktu yang dibutuhkan sebuah website untuk merespon input yang dimasukkan pengguna

Opportunities

 

Opportunities menunjukkan apa saja langkah optimasi yang bisaAnda lakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

Diagnostics

 

Diagnostics berisi detail kinerja website Anda yang belum disebutkan di analisis-analisis sebelumnya

Passed Audits

 

Passed Audits berisi laporan langkah-langkah optimasi apa saja yang sudah berhasil Anda lakukan.

3.Penyebab yang Membuat WordPress Lambat

3.1 Performa Server Tidak Maksimal

Memilih layanan hosting yang tepat merupakan faktor vitaldalam kualitas kecepatan website Anda. Sebab salah satu faktor kecepatan website Anda adalah kualitas web server yang digunakan oleh penyedia layanan hosting yang Anda pilih. Terdapat berbagai jenis web server dan setiap server berbedabeda kualitasnya. Beberapa di antaranya adalah Apache, Nginx, IIS (Microsoft), Google Web Server (GWS), dan LiteSpeed Web Server.Untuk saat ini, performa web server terbaik adalah LiteSpeed Web Server.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi server dari penyedia hosting. Semakin jauh lokasi server dari target pengunjung Anda, kemungkinan lebih lambat pula kecepatan website yang dihasilkan.

3.2 Kurangnya Optimasi Konten dan File Website

Agar website bisa diakses secara online, Anda perlu menyimpan berbagai macam file seperti CSS, HTML, Javascript di disk space yang disediakan layanan hosting. Jika tidak dikelola secara maksimal, file-file tersebut bisa memberatkan website Anda dan berpengaruh pada kecepatan website.

Begitu juga dengan file-file seperti gambar dan video. Sebuah website atau blog tentu terasa kosong tanpa adanya konten-konten seperti gambar, foto, ilustrasi, infografik, atau video. Menggunakan konten-konten tersebut sah-sah saja, bahkan sangat disarankan untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung. Akan tetapi, konten-konten tersebut bisa menjadi masalah untuk kecepatan website jika tidak dioptimasi.

3.3 Konfigurasi atau Pengaturan Bermasalah

Konfigurasi atau pengaturan yang Anda terapkan di WordPress pun bisa mempengaruhi kecepatan website Anda. Anda tidak bisa serta merta menggunakan pengaturan default dari WordPress. Sebab konfigurasi default WordPress adalah konfigurasi dasar sehingga Anda perlu melakukan beberapa perubahan dan modifikasi untuk meningkatkan kecepatan website atau blog Anda.

Beberapa konfigurasi yang perlu diubah adalah pengaturan update tema dan plugin, pengaturan login, pengaturan batasan konten per halaman, pengelolaan link, pengelolaan database, hingga pengaturan optimasi di perangkat mobile.

3.4 Banyak Plugin dan Tema Tidak Terpakai

Di awal membuat wordpress, mungkin Anda sering asal memasang plugin atau tema untuk percobaan. Bisa jadi Anda memasang beberapa plugin yang memiliki fungsi serupa. Bahkan terkadang beberapa orang memasang plugin tanpa tahu apa fungsi plugin tersebut. Plugin-plugin yang tidak terpakai ini menjadi beban untuk resource hosting yang bisa menyebabkan menurunnya kecepatan website.

Begitu juga dengan tema tidak terpakai. Setelah mencoba belasan atau bahkan puluhan tema WordPress, pada akhirnya Anda hanya memasang satu tema, bukan? Tema-tema WordPress yang tidak terpakai akan menjadi beban untuk resource hosting yang juga berakibat pada kecepatan website yang menurun.

Meskipun terlihat sepele, plugin dan tema yang tidak digunakan bisa mempengaruhi kecepatan website Anda.

Demikianlah artikel cara membuat wordpress super cepat dengan page speed insights, Next Admin akan bahas tuntas GT-Matrix…

Jangan lupa untuk share  ke sosmed Anda apabila artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Terima kasih.

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

5 komentar di “Cara Membuat WordPress Super Cepat 2020 | Speed Insights

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas