Mengapa SEO Jauh Lebih Mudah Daripada Yang Anda Pikirkan

Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari (SEO) telah melalui serangkaian evolusi selama bertahun-tahun. Taktik lama, yang berfokus pada optimasi berbasis kata kunci dan praktik black-hat, telah menjadi usang, dan strategi modern, yang berfokus pada pengalaman pengguna, telah menggantikannya.

Sepanjang sejarahnya, SEO telah menjadi strategi yang hemat biaya dan sangat berharga bagi pemilik bisnis dari semua industri. Tetapi terlepas dari pengembangan strategi yang disederhanakan, banyak pemilik bisnis masih terlalu terintimidasi oleh kesulitan yang dirasakan oleh SEO untuk menindaklanjutinya.

SEO adalah strategi intensif waktu, dan memang menuntut perhatian yang signifikan, tetapi telah mencapai titik di mana itu tidak lagi sulit.

Dengan mentalitas yang tepat dan komitmen yang kuat, setiap pemilik bisnis dapat mulai membangun Strategi SEO – dan menuai banyak manfaat.

 

Kesalahpahaman Dalam Memahami SEO

Bagi pemilik bisnis yang tidak terbiasa dengan sisi teknis pengembangan web, gagasan algoritma Google seringkali tampak sangat rumit – sungguh, algoritme itu sendiri sangat luar biasa rumit, tetapi itu tidak berarti Anda memerlukan strategi yang luar biasa rumit untuk berhasil dengannya.

Pemilik bisnis  biasanya berpikir tentang rekayasa dan pengkodean canggih yang masuk ke pemeliharaan algoritma ini dan pengembangan situs web yang kompleks, dan berpikir betapa tidak mungkinnya membangun sesuatu dengan skala seperti itu dengan pengetahuan yang terbatas.

Kesalahpahaman di sini adalah bahwa struktur canggih memerlukan strategi canggih jika mereka akan dimanfaatkan sebaik mungkin. Namun, terlepas dari dukungan yang canggih, prinsip-prinsip di balik algoritma pencarian Google sederhana, dan strategi sederhana cukup untuk mencapai hasil positif.

Tujuan Google adalah memberi pengguna pengalaman online terbaik, yang berarti memberi mereka hasil yang paling tepat, relevan, dan berharga.

Dasar-dasar yang Dapat Dikuasai Siapapun

Proses yang digunakan Google untuk menghitung peringkat pencarian sangat rumit – dan para pakar pencarian bahkan tidak memahami sepenuhnya karena Google tidak pernah menerbitkan cara kerja dalam algoritma.

Tetapi kami tahu bahwa Anda harus memenuhi dua persyaratan untuk mendapat peringkat tinggi untuk permintaan yang diberikan.

Anda harus dilihat sebagai otoritas, dan Anda harus menerbitkan apa yang dicari orang dengan memberi mereka nilai. Situs yang memenuhi persyaratan ini yang terbaik akan mendapat peringkat tertinggi.

Untungnya, memenuhi persyaratan ini dapat dilakukan dengan strategi dasar yang diterapkan secara konsisten dari waktu ke waktu. Semakin Anda menerapkannya, dan semakin konsisten Anda menerapkannya, semakin besar otoritas dan kehadiran online Anda akan tumbuh.

Konten di tempat datang dalam dua bagian utama. Pertama, Anda perlu mengoptimalkan salinan tubuh di seluruh situs web Anda untuk memastikan bahwa Google dapat mengenali tujuan situs Anda dan ceruk industri dari bisnis Anda.

Untuk melakukan itu, pastikan halaman situs Anda dalam urutan. Anda akan ingin menampilkan halaman paling penting (seperti “Home,” “Produk,” dan “Hubungi Kami”) dengan tajuk utama yang kuat dan beberapa paragraf salinan yang menarik.

Sertakan kata-kata dan frasa yang menggambarkan bisnis Anda secara akurat, tetapi jangan mencoba dan mengisi konten Anda secara penuh. Fokus pada menulis secara alami.

Mengoptimalkan tag judul dan tag meta Anda (yang biasanya dapat dilakukan hanya melalui sistem manajemen konten situs Anda) juga sangat membantu, terutama di awal kampanye Anda.

Selanjutnya, terapkan strategi blogging yang berkelanjutan. Tulis setidaknya satu 1.000 kata (atau lebih) posting blog setiap minggu, tingkatkan seiring Anda mendapatkan lebih banyak daya tarik.

Tulis tentang topik yang ingin dipelajari oleh audiens Anda, jawab pertanyaan potensial mereka sedetail mungkin. Ini akan membantu Anda menjadi sumber daya yang ingin ditemukan oleh pencari Anda, dan Anda akan mendapat peringkat yang lebih tinggi. Semakin banyak pertanyaan yang Anda jawab, semakin banyak pertanyaan potensial yang akan Anda jawab.

Tautan masuk. Membangun otoritas berarti memiliki kehadiran online yang kuat, dan itu berarti memiliki tautan masuk berkualitas yang menunjuk ke situs Anda. Membangun tautan ini relatif mudah – Anda dapat menempatkan tautan yang menunjuk kembali ke situs Anda di badan posting blog tamu eksternal, komentar forum atau mengutip afiliasi Anda dalam wawancara untuk publikasi. Pastikan untuk mendiversifikasi strategi Anda.

Gunakan banyak sumber, tautkan ke banyak halaman internal yang berbeda di situs Anda, dan selalu pastikan tautan Anda relevan dan menambah nilai pada percakapan. Integrasi sosial dan lokal.

Jika Anda belum memiliki media sosial, saatnya untuk mendapatkannya. Klaim profil Anda untuk Facebook, Twitter, LinkedIn dan saluran lain yang menurut Anda sesuai. Posting secara teratur, libatkan dengan audiens Anda, dan kredibilitas Anda sebagai bisnis online akan sangat meningkat.

Anda juga ingin mengklaim profil bisnis Anda di direktori lokal dan meninjau situs-situs seperti Yelp, dan memastikan bahwa semua informasi Anda (terutama nama, alamat, dan nomor telepon Anda) akurat. Semakin banyak ulasan positif yang Anda dapatkan di situs-situs ini, semakin tinggi peringkat Anda untuk permintaan pencarian lokal.

[Artikel terkait : 5 Menit Belajar SEO]

Tantangan Sejati SEO

Walaupun strategi dasar ini mudah diadopsi dan dilaksanakan secara konsisten, SEO bukan tanpa tantangan yang sebenarnya.

Saat Anda memulai dengan strategi dasar, Anda kemungkinan akan menghadapi hambatan ini. Menemukan target yang tepat. Anda mungkin bingung dengan jenis pertanyaan untuk menulis blog apa, atau kata kunci apa yang harus dimasukkan di situs web Anda.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menemukan kata kunci yang tepat.  Ringkas bisnis Anda sesederhana mungkin, dan gunakan ringkasan itu untuk menggambarkan bisnis Anda dalam konten di tempat Anda.

Tanyakan langsung kepada pelanggan Anda apa yang ingin mereka baca di blog Anda, dan tulis tentang itu. Investasikan waktu. Faktor waktu adalah rintangan utama untuk diatasi, terutama bagi pengusaha bisnis kecil atau baru.

Sangat sulit untuk mengelola strategi SEO di atas semua tanggung jawab Anda yang lain, tetapi ingat, Anda selalu dapat menyewa ahli luar untuk membantu Anda memikul beban. Ada cara untuk mengukur laba atas investasi sehingga Anda dapat memastikan tidak kehilangan uang pada upaya kampanye Anda.

Menyesuaikan strategi Anda. Mengetahui apa yang harus disesuaikan dan kapan bisa menjadi masalah besar, bahkan jika Anda secara akurat mengukur hasil awal kampanye Anda.

Mengatasi masalah ini sulit, bahkan untuk para pakar industri, tetapi satu-satunya cara untuk maju adalah melakukan riset, membuat tebakan yang terpelajar pada akar masalah Anda, membuat penyesuaian pada kampanye Anda, dan melihat apa hasilnya.

Strategi Mudah SEO

Jika Anda berusaha menjaga SEO semudah mungkin selama mungkin, cobalah strategi ini untuk menghindari pekerjaan yang terlalu rumit.

  • Baca berita SEO.
  • Berlangganan beberapa feed berita dan forum berbasis SEO.
  • Bacalah perkembangan sesering mungkin, terutama setiap hari. Meskipun beberapa di antaranya mungkin berada di luar kepala Anda untuk memulai, pada akhirnya itu akan mulai lebih masuk akal.
  • Satu-satunya cara untuk membuat budaya SEO lebih mudah dipahami adalah dengan melibatkan diri Anda di dalamnya.
  • Awasi pesaing Anda, Awasi ketat pesaing Anda. Anda dapat memonitor blog mereka untuk melihat topik apa yang sedang mereka tulis, atau menggunakan alat seperti Open Site Explorer dan SEMRush untuk melihat jenis tautan apa yang mereka buat. Melakukan hal itu dapat membantu mengarahkan kampanye Anda sendiri ke arah yang benar, atau memberikan wawasan baru untuk Anda kembangkan dalam strategi berkelanjutan Anda.
  • Lakukan ulasan bulanan.Lihatlah metrik Anda setiap bulan. Semakin sering, dan Anda mungkin membuat diri Anda gila melihat fluktuasi acak. Kurang sering, dan Anda tidak akan membaca dengan baik kesehatan kampanye Anda.
  • Gunakan Google Analytics dan alat daring gratis lainnya untuk mengukur metrik seperti peringkat kata kunci, lalu lintas organik, dan perilaku pengunjung. Meskipun SEO mungkin lebih mudah dari yang Anda pikirkan, jangan anggap remeh jumlah waktu dan upaya yang diperlukan.
  • Anda akan mendapatkan apa yang Anda masukkan ke dalamnya, jadi jika Anda hanya menghabiskan beberapa menit sehari, jangan berharap untuk naik one page. pada skala nasional pada kecepatan yang terlihat.
  • Jika Anda khawatir tentang ROI strategi, atau jika Anda masih khawatir tentang langkah-langkah pelaksanaannya, mulailah dari yang kecil.
  • Terapkan strategi Anda dalam skala kecil, ukur hasilnya dan tingkatkan secara bertahap hingga Anda mencapai keseimbangan biaya, risiko, dan imbalan yang ideal.
  • Setelah beberapa minggu implementasi, Anda mungkin akan menemukan langkah sempurna untuk pengembangan.

 

Share
Shohibul Kahfi

Shohibul Kahfi

Penulis pemula dengan imajinasi seadanya.

Satu komentar di “Mengapa SEO Jauh Lebih Mudah Daripada Yang Anda Pikirkan

Komentar ditutup.

Kembali ke atas